Tekno  

Pemkab Muba Gandeng Telkom Bangun Jaringan Fiber Optik Internet Bagi Warga

Membangun fiber optic di 13 distrik, satelit Vsat dan Star Link di dua distrik

REPUBLIKA.CO.ID, SEKAYU – Dalam upaya mengembangkan dan membangun Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menuju kawasan cerdas berbasis Teknologi Informasi (Smart City), Pemerintah Kabupaten Muba menjalin kerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) melalui MoU di Harper Hotel Palembang, Senin (14/11/2022). Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Muba Apriyadi mengapresiasi perhatian Telkom yang telah mempercayakan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Muba guna mewujudkan keinginan masyarakat Muba untuk bisa menguasai dunia.

“Saya mengapresiasi gebrakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Muba yang bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia Witel Sumsel untuk menjadikan daerah kita bebas dari blank spot. Saya tantang kepala daerah lainnya untuk membuat gebrakan konstruktif untuk Kabupaten Muba,” ucapnya .

Apriyadi menuturkan melalui momen penandatanganan kerjasama dengan Telkom ini, dirinya merasa mendapat energi baru untuk mengakselerasi pembangunan Kabupaten Muba ke arah yang progresif. “Kami akan terus mendukung dan mengembangkan program-program yang bertujuan untuk membangun Kabupaten tercinta ini. Termasuk hari ini kami menandatangani perjanjian kerjasama sebagai bagian dari komitmen kami untuk mengembangkan sektor ekonomi kita, termasuk sektor UMKM berbasis digital. Saya sangat yakin dan percaya diri bahwa “Kebersamaan kita hari ini Pemkab Muba dan PT Telkom Indonesia merupakan langkah yang sangat tepat. Dengan kerjasama ini nantinya dapat membantu kita mengembangkan sektor ekonomi berbasis digital,” kata Pj Bupati Muba.

General Manager Witel Sumsel PT Telkom Indonesia Setyawan Nugroho pernah memuji langkah cepat Pj Bupati Muba dalam upaya menciptakan kerjasama. Baru kali ini di Provinsi Sumsel ada terobosan seperti ini.

“Harus saya akui, Plt Bupati kita ini memang sosok yang enerjik dan lincah, didukung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang bersemangat membuat terobosan dalam kerjasama ini. Alhamdulillah setelah melalui diskusi bersama, kita sepakat untuk membangun dan mengembangkan sistem berbasis digital sesuai tuntutan era saat ini. Kami sangat yakin visi Pj Bupati Muba untuk membangun masyarakat sejahtera akan terwujud,” ujarnya.

Menurut laporan Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, kesepakatan bersama ini dimaksudkan sebagai upaya yang terarah, terpadu dan berkesinambungan yang dilakukan bersama oleh para pihak dalam pembangunan Smart Regency Musi Banyuasin. “Kesepakatan bersama ini bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah serta meningkatkan kapasitas aparatur daerah dan masyarakat melalui penerapan dan sosialisasi teknologi digital, guna mendukung pembangunan Kabupaten Muba untuk mewujudkan Smart Regency Muba,” jelasnya.

Langkah ini diambil untuk meningkatkan penggunaan teknologi informasi government to government dan citizen to government sehingga pelaksanaan pelayanan publik berbasis teknologi informasi di Kabupaten Muba dapat terwujud. “Ruang lingkup kerja sama ini meliputi pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan jaringan akses koneksi internet di seluruh kecamatan, Telkom akan melaksanakan pembangunan jaringan fiber optic hingga 13 kecamatan, serta pemasangan internet satelit star link untuk dua kecamatan yaitu Kecamatan Keluang dan Keluang Lalan, serta pembangunan creative digital center,” jelas Kadinkominfo Muba.

Hadir pula perwakilan Forkopimda Muba, para kepala perangkat daerah terkait, perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Sumsel, dan seluruh camat se-Kabupaten Muba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.