Tekno  

Pemkot Denpasar Gelar Pelatihan Program Government Transformation Academy

Denpasar


Baliberkarya




Baliberkarya.com – Denpasar, Dalam rangka meningkatkan kompetensi digital Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kota Denpasar dan juga mendukung pelaksanaan agenda transformasi digital yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, khususnya di lingkungan instansi pemerintah, Pemerintah Kota Denpasar mengadakan Government Transformation Program Pelatihan Academy (GTA), Senin (14/11). ) bertempat di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang.


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana yang ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Pokja GTA Kemenkominfo RI, Heri Abdul Azis, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar, IB. Alit Adhi Merta, Kepala Dinas BKSDM Kota Denpasar, I Wayan Sudiana dan pimpinan OPD lainnya.


Tren perkembangan era industri 4.0 yang menghadirkan keterlibatan “sistem cerdas” begitu pesat. Perkembangan zaman ini membawa perubahan ke arah teknologi digital. Saya kira digitalisasi sudah masuk ke semua aspek kehidupan. Era teknologi saat ini mengedepankan unsur kecepatan, ketersediaan informasi dalam lingkungan di mana semua entitas terhubung dan berbagi informasi dengan mudah, ujar Sekda Alit Wiradana saat membacakan sambutan tertulis Wali Kota Denpasar.




Lebih lanjut ia mengatakan, Covid-19 menjadi momentum untuk mengakselerasi transformasi digital. Pandemi telah mengubah cara kerja, cara belajar, cara beraktivitas, cara berkreasi hingga cara transaksi keuangan.


“Dampak positif Covid-19 justru mempercepat transformasi digital, berpindah dari ruang fisik ke ruang digital.
Tak terkecuali transformasi digital, juga merambah sektor pemerintahan. Telah terjadi pergeseran yang cukup masif dari teknologi analog ke teknologi digital. Mekanisme dan proses pelayanan publik diarahkan pada digitalisasi pelayanan. Untuk dapat memaksimalkan kerja digital ini, tentunya perlu didukung oleh aparatur yang “melek digital”. Artinya untuk melakukan transformasi digital dibutuhkan talenta-talenta digital, khususnya di kalangan ASN,” ujar Alit Wiradana.


“Atas nama Pemerintah Kota Denpasar, saya menyambut baik fasilitasi yang diberikan agar ASN Kota Denpasar memiliki kesempatan untuk meningkatkan kompetensi dalam penguasaan teknologi informasi. Saya mengapresiasi langkah yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Government Transformation Academy (GTA) sebagai titik awal peningkatan kompetensi digital. Program GTA juga menjadi momentum upaya peningkatan kompetensi ASN dalam mendukung percepatan transformasi digital di instansi pemerintah, khususnya di lingkungan pemerintah Kota Denpasar,” ujarnya.




Sementara itu, Kepala Dinas BKSDM Kota Denpasar I Wayan Sudiana dalam laporannya mengatakan syarat awal jumlah minimal peserta sudah ditetapkan yaitu 200 orang, dengan peminat pelatihan yang cukup banyak, terdaftar 331 orang yang mengajukan. permintaan partisipasi.


Untuk itu telah dilakukan review dan validasi persyaratan peserta yang saat ini ditetapkan sebanyak 258 peserta. Mulai dari pegawai non ASN, pegawai ASN, tenaga kependidikan, pejabat struktural bahkan pimpinan OPD.


Dengan pelaksanaannya terbagi dalam beberapa titik lokasi yaitu di BKSDM, Inspektorat, Diskominfo, Dispar, Disdukcapil dan di Kantor Camat Denpasar Utara yang dilaksanakan secara serentak mulai tanggal 14 November hingga 18 November 2022. (Rls/BB)

Leave a Reply

Your email address will not be published.