Tekno  

Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Komunikasi Bisnis – DEPOK POS

POS DEPOK – Seperti yang kita tahu, kita hidup di era serba teknologi. Saat kita ingin melakukan sesuatu, ada kalanya kita sangat membutuhkan bantuan dari teknologi, seperti saat kita ingin mencari informasi dari internet, tentunya kita membutuhkan akses internet dan juga alat elektronik seperti handphone, komputer, dan lain-lain sebagai alat bantunya. alat utama yang kita butuhkan.

Perkembangan bisnis saat ini tentunya tidak terlepas dari teknologi informasi. Dengan berkembangnya teknologi informasi, kekuatan informasi dan teknologi informasi dapat dijadikan sebagai alat untuk memenangkan persaingan dalam bisnis kita.

Dalam dunia bisnis, teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting di kalangan pengusaha besar maupun kecil.

Mengapa demikian? Karena ada permintaan pasar saat ini yang berubah mengikuti perkembangan zaman dan dituntut untuk mengikuti perubahan tersebut.

Jika seseorang ingin berwirausaha, maka ia dituntut untuk memahami teknologi informasi karena akan berpengaruh pada masa depan.

Pengaruh sistem informasi pada seorang wirausahawan dalam usahanya adalah dapat membantu semua jenis usaha meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses bisnis yang dijalankan, dan pengambilan keputusan manajerial.

Sehingga sistem informasi menjadi salah satu bahan yang berpengaruh penting dan dibutuhkan untuk kesuksesan bisnis dan pengetahuan teknologi informasi juga sangat penting bagi para pengusaha tersebut.

Teknologi Informasi merupakan teknologi yang sangat besar pengaruhnya terhadap segala aspek kehidupan saat ini karena merupakan kebutuhan untuk mempermudah pekerjaan manusia (Lisma, 2020).

Menurut Oxford English Dictionary dalam Aji Supriyanto mendefinisikan Teknologi Informasi adalah perangkat keras, perangkat lunak, dan dapat mencakup jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis.

Teknologi informasi merupakan bagian dari kegiatan bisnis yang memanfaatkan perangkat elektronik komputer.

Jadi pada hakekatnya istilah teknologi informasi adalah teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang berguna (Aji Supriyanto, 2005: 6).

Fungsi teknologi informasi yang dominan dalam suatu perusahaan adalah sebagai cost center. Hal ini wajar jika kita memperhatikan perkembangan teknologi informasi di suatu perusahaan yaitu mengganti proses manual menjadi otomatisasi dengan tujuan efisiensi dan efektifitas.

Sedangkan pemanfaatan teknologi informasi pada perusahaan adalah untuk menekan biaya produksi sehingga berdampak pada pengurangan total biaya yang harus dikeluarkan yang secara langsung akan meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

Penggunaan teknologi baik secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi strategi penetapan harga suatu produk atau jasa (Hastha Dewa Putranta, 2004:11).

Kemajuan teknologi informasi juga menjadi salah satu pertimbangan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Kemudahan dan kualitas yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi informasi merupakan nilai plus dan bagus di mata masyarakat.

Salah satu contohnya adalah perusahaan transportasi berbasis online seperti gojek, grab, dan lainnya yang kini menyediakan layanan pemesanan makanan secara online, pemesanan ojek online, pemesanan taksi online dan lain-lain.

Lalu, apa hubungan antara teknologi informasi dan komunikasi bisnis? Hubungan antara teknologi informasi dan komunikasi bisnis merupakan jembatan ketika kita ingin menyampaikan informasi kepada komunikan atau khalayak melalui media sosial atau akses internet lainnya.

Umumnya dengan adanya teknologi informasi ini akan memudahkan kita untuk menyampaikan informasi. Namun ketika kita menyampaikan informasi, juga harus tersampaikan dengan baik dan diterima dengan baik oleh komunikan.

Tentunya informasi yang kita berikan akan memiliki jangkauan yang lebih luas daripada tanpa adanya teknologi informasi. Misalnya ketika kita ingin berbisnis, tentu kita perlu melakukan promosi besar-besaran bukan? Sehingga bisnis yang kita kelola mendapatkan feedback atau dapat diterima dengan baik oleh komunikan.

Bayangkan, jika kita tidak memahami teknologi informasi lalu apa yang akan terjadi? Tentu hal tersebut akan menghambat kelancaran bisnis yang sedang kita bangun. Oleh karena itu, keberadaan teknologi informasi sangat membantu kegiatan bisnis kita.

Selain itu, dengan adanya teknologi informasi ini, kita akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis kita, seperti menjualnya melalui internet. Apalagi saat ini masyarakat lebih memilih untuk berbelanja melalui internet.

Nah dengan adanya kesempatan ini, kita akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis kita dengan membuat toko online di marketplace. saat kita berjualan online tentunya pembeli akan lebih luas dan banyak dibandingkan saat kita berjualan, hanya mengandalkan pembeli offline apalagi saat kita membangun usaha kecil-kecilan atau bisa kita sebut UKM.

Teknologi informasi ini menawarkan banyak manfaat bagi UKM untuk meningkatkan produktivitas dan pemasarannya. Selain itu, juga meningkatkan peluang bagi UKM untuk bekerjasama dengan pengusaha lain.

Salah satu teknologi informasi yang saat ini berkembang pesat dan berpotensi mendongkrak kinerja UKM adalah media sosial. Media sosial berpotensi untuk menghubungkan banyak orang dengan mudah dan gratis atau kita bisa menggunakan website atau blog untuk bisnis UKM kita.

Tidak hanya itu, kita juga bisa mendaftarkan keikutsertaan kita dalam berjualan melalui marketplace seperti Shoppe, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dan lainnya. Tentunya peluang kita ketika berbisnis melalui marketplace semakin besar karena saat ini rata-rata masyarakat lokal menggunakan aplikasi marketplace. untuk membeli kebutuhannya selain itu juga lebih mudah diakses dan lebih praktis (dalam artian tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja).

Oleh karena itu, diharapkan para pelaku usaha baik besar maupun kecil perlu memahami teknologi informasi agar saat mengembangkan usahanya pun semakin mudah dan tentunya akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan saat kita berbisnis hanya mengandalkan pembeli offline.

Alya Amelia Putri
Mahasiswa Universitas Pamulang, program studi akuntansi, fakultas ekonomi dan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.