Tekno  

Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Kepanasan

Jakarta, CNN Indonesia

Smartphone yang panas setelah berjam-jam digunakan adalah hal yang wajar. Namun, jika smartphone cepat panas (terlalu panas) walaupun baru dipakai sebentar, maka perlu dicari tahu penyebabnya.

Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya smartphone terlalu panas.

Beberapa pengguna smartphone alias smartphone mungkin pernah mengalami ponsel panas mendadak sehingga sistem terasa lambat dan tidak bisa digunakan.

Jika masalah ini sering terjadi, lama kelamaan akan mengganggu kinerja smartphone Anda bahkan membuat perangkat cepat rusak.

Penyebab Smartphone Terlalu Panas

Penyebab smartphone overheating bermacam-macam, bisa karena faktor cuaca, kondisi baterai, hingga mengoperasikan terlalu banyak aplikasi dalam satu waktu. Berikut penjelasannya.

  • Kualitas baterai yang menurun membuat baterai cepat habis dan sistem operasi ponsel berjalan lambat, sehingga mudah kepanasan. Anda bisa mengecek kualitas baterai di menu Setting, lalu pilih bagian baterai.
  • Penggunaan software versi lama juga dapat membuat smartphone mudah overheat sehingga perlu disesuaikan dengan update software.
  • Proses back up data yang terlalu banyak dan memakan waktu lama juga bisa membuat hp panas. Pasalnya, hal ini membuat software sistem operasi bekerja lebih banyak.
  • Bermain game terlalu lama menyebabkan smartphone terlalu panas. Apalagi jika game tersebut dimainkan secara online melalui koneksi internet karena daya baterai yang tersedot lebih besar dan cepat dalam satu waktu.
  • Penggunaan aplikasi navigasi atau GPS dalam waktu yang lama, misalnya jauh-jauh dari tempat A ke tempat B.
  • Streaming video berkualitas tinggi untuk waktu yang lama.
  • Melakukan panggilan video yang terlalu lama.
  • Mainkan ponsel sambil mengisi daya (pengisian). Hal ini dapat membuat proses charging juga berjalan lebih lama dan merusak kualitas baterai.
  • Beberapa aplikasi terbuka atau berjalan secara bersamaan
  • Berada di luar dalam panas terik juga bisa membuat smartphone Anda kepanasan.

Cara Mengatasi Smartphone Overheat




Ilustrasi Gamer yang memainkan game Player Unknown's Battlegrouds (PUBG), Jakarta, 23 Maret 2019. Sebelumnya, MUI Jawa Barat sempat mewacanakan untuk mengeluarkan fatwa haram terhadap PUBG pasca kasus penembakan masjid di Selandia Baru.  CNN Indonesia/Hesti RikaIlustrasi. Cara Mengatasi Smartphone Overheat alias Cepat Panas (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)

Jika sudah mengetahui berbagai penyebabnya, berikut ini cara mengatasi smartphone overheat.

1. Ganti baterai

Jika penyebab smartphone overheating adalah menurunnya kualitas baterai, sebaiknya Anda mengganti baterainya.

Pasalnya, baterai yang sudah terlanjur turun kualitasnya akan membuat pengoperasian ponsel berjalan lambat sehingga mudah memicu ponsel memanas saat aktivitas penuh.

2. Dinginkan di tempat teduh

Cara mendinginkan hp yang panas akibat cuaca dan suhu di lingkungan luar ruangan adalah dengan membawa smartphone ke tempat yang teduh.

Dinginkan pada suhu kamar. Namun, jangan menggunakan kotak pendingin atau memasukkannya ke dalam lemari es.

3. Berhenti bermain game

Cara mengatasi smartphone overheating selanjutnya adalah dengan segera mengakhiri aktivitas gaming Anda. Istirahatkan ponsel selama beberapa saat.

Begitu juga jika Anda menggunakan ponsel untuk streaming video dan membuka aplikasi GPS. Segera keluar dari aktivitas.

4. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Selain mengakhiri bermain game, aplikasi yang tidak digunakan sebaiknya ditutup. Biasakan untuk tidak menumpuk penggunaan aplikasi secara bersamaan agar beban di sistem operasi ponsel tidak berat.

5. Matikan smartphone

Cara mengatasi smartphone overheat selanjutnya adalah dengan mematikan hp beberapa saat. Tujuannya untuk memberikan jeda pada ponsel karena sudah bekerja ekstra berjam-jam misalnya.

6. Nyalakan pesawat

Jika tidak ingin mematikan ponsel, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat atau pesawat untuk sementara agar sistem operasi smartphone bisa istirahat sejenak. Ini membuat data seluler tidak dapat digunakan untuk sementara waktu.

7. Lepas landas kasus telepon genggam

Saat smartphone kepanasan, sebaiknya lepaskan pelindung atau casing ponsel yang digunakan. Sebab, penggunaannya mencegah udara panas keluar dari ponsel.

8. Kurangi kecerahan layar

Cobalah untuk mengurangi tingkat kecerahan layar ponsel saat panas. Karena tingkat kecerahan menyedot daya baterai.

Anda dapat mengurangi kecerahan layar ini dalam beberapa saat, setelah itu kembali normal.

9. Jangan memainkan ponsel saat mengisi daya

Saat hp panas karena diputar sambil dicharge, maka hentikan penggunaan hp tersebut. Biarkan smartphone Anda terisi penuh terlebih dahulu, lalu gunakan.

Itulah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi smartphone overheat. Semoga membantu.

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]


Leave a Reply

Your email address will not be published.