Tekno  

Perhatikan Kesejahteraan Psikologi Mahasiswa, Bupati Afif Lantik Kepengurusan ABKIN Wonosobo 2022-2026

TRIBUNJATENG.COMWONOSOBO – Peran bimbingan dan konseling terus didorong untuk mewujudkan Penerapan Kurikulum Mandiri (IKM) sebagai koordinator nyata guna mewujudkan kesejahteraan psikologis peserta didik.

Hal ini merupakan kontribusi dalam memajukan dunia pendidikan khususnya di Wonosobo.

Dalam rangka kesejahteraan mahasiswa, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat meresmikan Pengurus Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN) Kabupaten Wonosobo Periode 2022-2026, Rabu (11/2/2022) di Selatan Pendopo.

“Peran bimbingan dan konseling adalah mewujudkan kesejahteraan psikologis peserta didik (student well-being) dan memfasilitasi perkembangan peserta didik, sehingga mampu mengaktualisasikan potensinya secara optimal, sehingga diharapkan mampu membuat kontribusi nyata dalam memajukan mutu pendidikan di Kabupaten Wonosobo,” ujar Bupati Afif.

Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang maju, mandiri, demokratis, sejahtera dan bebas dari kemiskinan.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat melantik Pengurus Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN) Kabupaten Wonosobo Periode 2022-2026, Rabu (11/2/2022).
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat melantik Pengurus Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN) Kabupaten Wonosobo Periode 2022-2026, Rabu (11/2/2022). (Ist. Diskominfo Wonosobo)

“Dalam konteks otonomi daerah, kebijakan pendidikan memberikan kewenangan yang luas, nyata, dan bertanggung jawab kepada daerah dan masyarakat untuk melaksanakan kewenangannya sesuai dengan kepentingan masyarakat dan potensi daerah masing-masing,” jelasnya.

Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan memerlukan dukungan masyarakat mulai dari pemerintah, lembaga masyarakat, termasuk masyarakat yang bergerak di sektor swasta dan industri maupun perorangan.

Selain itu, dalam menghadapi tuntutan persaingan di era global, pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan struktur ketenagakerjaan di era global.

Selain itu, peran penting bimbingan dan konseling juga untuk membangun pendidikan karakter di setiap jenjang pendidikan, mendukung sekolah inklusi dan mencegah 3 dosa pendidikan yaitu intoleransi, bullying dan kekerasan seksual.

“Saya mengajak pengurus ABKIN Wonosobo untuk menyelaraskan kualitas dan profesionalisme bimbingan dan konseling untuk menghasilkan pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua ABKIN Wonosobo Terpilih, Budi Rochmadi mengatakan, jumlah pengurus ABKIN Wonosobo periode 2022-2026 sebanyak 25 orang.

Ia mengaku pernah memimpin ABKIN selama 3 periode pada 1994-1998, 1998-2002, dan sekarang 2022-2026.

Tujuan dari pelantikan ABKIN ini adalah untuk melaksanakan IKM sesuai dengan motto Tut Wuri Handayani, untuk menjadi teladan dan motivasi.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat melantik Pengurus Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN) Kabupaten Wonosobo Periode 2022-2026, Rabu (11/2/2022).
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat melantik Pengurus Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN) Kabupaten Wonosobo Periode 2022-2026, Rabu (11/2/2022). (Ist. Diskominfo Wonosobo)

Kedepannya, pihaknya akan berusaha untuk tidak meninggalkan anak sekolah karena hanya dibully, serta bekerjasama dengan Puspayoga dan instansi terkait untuk meminimalisir kasus bullying di sekolah sejak dini.

“Tidak ada guru yang bisa memaksa siswanya pindah sekolah agar tidak melanggar IKM,” imbuhnya.

Menurutnya, pihaknya akan fokus merawat dengan baik menjaga tumbuh kembang anak dan memberikan pendampingan secara intensif jika siswa mengalami kesulitan atau masalah tanpa menerapkan sistem hukuman sesuai slogan BK “Kami Peduli”. Idealnya, 1 konselor mampu membimbing 150 siswa.

“Saya berharap ke depan ABKIN Wonosobo lebih intens lagi dalam melayani siswa dan guru BK untuk dapat mengimplementasikan semua kode etik yang berlaku,” pungkas Budi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.