Tekno  

Perluas Pasar, MNC International Bank Gandeng PT Taspen

JAKARTA, Investor.id – Emiten perbankan milik Harry Tanoesoedibjo, PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank resmi dipercaya oleh PT Taspen (Persero) (TASPEN) untuk menjadi mitra pembayaran digital pertama. Aplikasi perbankan digitalnya, MotionBanking, akan digunakan untuk membayar manfaat kepada seluruh peserta TASPEN.

Perjanjian Kerjasama (PKS) untuk pembayaran jaminan hari tua, pensiun, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian dilakukan oleh Direktur Utama MNC Bank, Rita Montagna dan Direktur Utama PT Taspen (Persero), ANS Kosasih, pada Jumat (25/11/2022) .

Rita Montagna mengatakan MNC Bank berharap kerjasama ini tidak hanya terbatas pada pembayaran hak pensiun, tetapi juga melayani Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penyelenggara Negara peserta TASPEN sebagai calon nasabah.

“Kami berharap bersama-sama dapat meningkatkan kesejahteraan ASN melalui produk keuangan yang baik dan fitur-fitur yang inovatif. Selain itu, kerjasama ini juga menjadi kebanggaan MNC Bank karena merupakan mitra pembayaran digital pertama bagi PT Taspen (Persero). Pensiunan yang sebelumnya yang tadinya hanya dinikmati online banking konvensional, kini bisa merasakan fasilitasnya perbankan digital yang super nyaman,” terang Rita dalam siaran tertulisnya.

Pada kesempatan yang sama, kata Kosasih, TASPEN berkomitmen untuk adaptif terhadap perkembangan teknologi guna menciptakan inovasi produk dan layanan terbaik bagi ASN aktif maupun pensiunan yang tersebar di 54 kantor cabang dan 19.232 titik layanan di seluruh Indonesia. Salah satu bentuk inovasi TASPEN dibuktikan dengan program Taspen Pesona (Tanggap Handal Selamatkan Pensiunan Dengan Layanan Bebas Corona).

Program tersebut memberikan layanan dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis transformasi digital yang terdiri dari layanan e-Claim, TASPEN-Care (T-Care), dan autentikasi melalui smartphone.

“Sebagai satu-satunya perusahaan pengelola jaminan sosial bagi Aparatur Sipil Negara di Indonesia, kami berkomitmen untuk terus #AndalMelayani dan memberikan kualitas pelayanan yang prima. Kami bertekad untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan menciptakan berbagai inovasi produk layanan bagi ASN aktif maupun pensiunan, salah satunya salah satunya melalui kerja sama dengan bank yang mampu memberikan layanan pembayaran klaim secara digital kepada peserta,” ujar ANS Kosasih.

Sebagai informasi, saat ini TASPEN mengelola dana pensiun, jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi 3,8 juta peserta aktif dan 2,9 juta peserta pensiun dengan dukungan 19.232 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan semangat layanan perbankan satu atapLayanan dan fitur MotionBanking MNC Bank saat ini dan yang akan datang akan menjadi nilai tambah bagi peserta program TASPEN. Untuk membuka rekening MotionBanking, nasabah hanya perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dan selfie. Dengan teknologi e-KYC MotionBanking, pembukaan rekening hanya membutuhkan waktu singkat.

Selain kemudahan pembukaan rekening dengan digital onboarding, MotionBanking juga dilengkapi dengan banyak fitur untuk memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya seperti transfer, login biometrik login biometrik, top-up dan e-wallet. pelanggan juga dapat melakukan pembayaran berbagai tagihan, pembayaran kartu kredit, mengajukan cicilan kartu kredit dengan bunga 0%, mengajukan pinjaman on line, setor tunai pada pembukaan setoran online Pos Indonesia, QRIS, dan yang terbaru setor tunai tanpa kartu di jaringan Indomaret. “Mudah-mudahan semakin memudahkan peserta dalam mengatur keuangannya,” ujarnya.

Adapun Taspen sendiri, PT Taspen (Persero) atau Asuransi dan Dana Simpanan Pegawai Negeri Sipil adalah sebuah perusahaan milik negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi untuk tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara. PT Taspen (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Jaminan Pensiun, dan Program Jaminan Kematian (JKM).

“Kami siap mendukung TASPEN dengan landasan visi yang sama, yaitu meningkatkan kenyamanan peserta dengan memanfaatkan perbankan digital kami, MotionBanking,” katanya.

Lanjutnya, fitur setor dan tarik tunai yang dapat dilakukan di ribuan kantor Pos Indonesia dan gerai Indomaret di seluruh Indonesia merupakan salah satu fitur MotionBanking yang akan sangat memudahkan peserta TASPEN. Tidak hanya sebatas sebagai mitra bayar, Taspen akan memperluas kerjasama dengan peminjaman bagi peserta yang membutuhkan dan pengembangan lainnya.

Terakhir, Presiden Direktur PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) Yudi Hamka menyampaikan bahwa kerjasama ini juga diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan dalam hal akuisisi pengguna serta volume transaksi layanan keuangan BCAP. “Sementara kami juga terus menjajaki kemitraan dengan pihak lain untuk tumbuh bersama,” ujarnya.

Editor : Fajar Widhi ([email protected])

Leave a Reply

Your email address will not be published.