Tekno  

Pernyataan pengunduran diri Shin Tae Yong ditanggapi oleh sejumlah pemain timnas


Shin Tae Yong adalah pelatih yang membawa perubahan kualitas permainan timnas Indonesia. Namun, tekanan kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule untuk mundur, berdampak pada pelatih asal Korsel itu.

Shin Tae Yong tiba-tiba memberikan pernyataan bahwa dia siap mengundurkan diri jika Iwan Bule mengundurkan diri dari posisinya.

Pernyataan pelatih Timnas Indonesia itu membuat sederet pemain skuad Garuda menanggapi sikap pelatih tersebut.

Sebelumnya, melalui akun Instagram miliknya, Rabu (12/10/2022), Shin Tae Yong memberikan keterangan terkait Tragedi Kanjuruhan baru-baru ini. Shin juga menyampaikan belasungkawa dan dukungannya untuk para korban.

Kemudian dia membuat pernyataan bahwa jika ketua PSSI mengundurkan diri, pelatih berusia 52 tahun itu juga akan mengambil langkah yang sama.

“Yang sangat mencintai sepak bola Indonesia dengan ikhlas dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola bisa berkembang adalah Ketua Umum PSSI. Menurut pendapat saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya harus mengundurkan diri,” demikian pernyataan Shin Tae Yong di IG.

Shin Tae Yong

“Karena saya pikir itu adalah kesalahan rekan kerja saya yang bekerja sama sebagai sebuah tim, jadi saya juga melakukan kesalahan yang sama. Kami adalah satu tim.”

Sebagai pelatih timnas Indonesia, Shin Tae Yong mengatakan bahwa sepak bola tidak bisa sukses jika hanya kinerja 11 pemain inti yang bagus, atau hanya staf pelatih yang bagus.

“Kita bisa meraih kesuksesan ketika semuanya menjadi satu tim, mulai dari pemain inti, cadangan, staf pelatih, ofisial, semua karyawan federasi termasuk ketua umum. Itu filosofi sepakbola saya. Sepak bola adalah salah satu olahraga yang tidak bisa dimenangkan dengan hanya satu orang yang melakukan pekerjaan dengan baik.”

Mantan pelatih timnas Korsel itu mengatakan sepak bola Indonesia bisa berkembang karena kontribusi banyak pihak. Karena itu, dia tidak setuju jika tanggung jawab dilimpahkan kepada ketua umum PSSI.

“Saya dan masyarakat Indonesia bisa bersama-sama mengembangkan sepak bola Indonesia setelah saya datang ke Indonesia pada tahun 2020. Ini adalah prestasi atau hasil yang dibuat oleh para pemain, fans dan Ketua Umum PSSI yang memilih saya.”

“Sangat disayangkan bahwa semua tanggung jawab telah dialihkan ke ketua umum. Ia telah mengembangkan sepak bola Indonesia secara keseluruhan. Tentunya juga bisa menangani situasi ini dengan baik. Saya juga akan berusaha lebih keras untuk membuat sepak bola Indonesia lebih maju,”

“Sebagai penutup, saya ingin mengatakan sekali lagi bahwa saya ingin memberikan dukungan penuh kepada para korban, keluarga mereka, dan seluruh rakyat Indonesia.” pungkas Shin Tae-yong.

Para pemain Timnas Indonesia pun menanggapi unggahan Shin Tae Yong di media sosial. Pemain bintang seperti Egy Maulana Vikri, Marc Klok hingga pemain timnas setingkat usia, Hokky Caraka menanggapinya dengan emoji telungkup.

Tak hanya itu, Asnawi Mangkualam juga menanggapi dan mengatakan bahwa Iwan Bule masih menjadi sosok terbaik di PSSI.

Tak ketinggalan, asisten pelatih timnas Indonesia, Nova Arianto, juga ikut berkomentar. Dia menghormati langkah Shin Tae-yong.

“Hormati pelatih dan jangan pernah lelah membangun sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik,” komentar Nova.

Ketua PSSI sendiri didesak mundur oleh warganet pasca tragedi Kanjuruhan. Iwan Bule dianggap sebagai salah satu pihak yang harus bertanggung jawab.