Tekno  

Piala Dunia 2022: Timnas Ghana Umumkan Skuat, Ada Ayew Bersaudara dan 2 Wajah Baru

TEMPO. BERSAMA, JakartaPelatih Timnas Ghana, Otto Addo, mengumumkan susunan final skuat Piala Dunia 2022, Senin, 14 November. Dia termasuk saudara laki-laki Andre dan Jordan Ayew dalam skuad 26 orang.

Andre Ayew, 32, merupakan bagian dari timnas Ghana yang hampir menjadi tim Afrika pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia 2010.

Asamoah Gyan gagal mengeksekusi penalti di menit terakhir perpanjangan waktu setelah handball legendaris Luis Suarez mencegah terjadinya gol. Ghana kemudian kalah dalam adu penalti berikutnya.

Ayew, yang juga mewakili Ghana di Piala Dunia 2014, saat ini bermain sepak bola di klub Qatar Al-Sadd. Dia akan membawa ban kapten selama Piala Dunia Qatar.

Wajah baru

Pelatih Otto Addo juga menghadirkan wajah baru di timnya, yakni Kamal Sowah dari Club Brugge. Penyerang berusia 22 tahun itu adalah pilihan yang mengejutkan. Dia dimasukkan setelah tampil mengesankan saat tim Belgia mencapai babak 16 besar Liga Champions, mengalahkan Atletico Madrid dan Bayer Leverkusen dalam prosesnya.

Ada juga panggilan pertama untuk gelandang Salis Abdul Samed, 22 tahun. Dia telah menjadi pemain reguler untuk Racing Lens, yang berhasil finis kedua di tabel Ligue 1 Prancis musim ini.

Mantan pemain internasional Spanyol Inaki Williams dan pemain internasional Inggris U-21 Tariq Lamptey, yang baru bergabung dengan Ghana dua bulan lalu, juga masuk dalam skuat. Namun, Ghana gagal membujuk pemain internasional Inggris Callum Hudson Odoi untuk mengalihkan kesetiaannya.

Ghana terpaksa menunjuk tiga penjaga gawang yang tidak berpengalaman setelah dua pilihan pertama mereka – Jojo Wollacott dari Charlton Athletic dan Richard Ofori yang berbasis di Afrika Selatan – cedera saat beraksi di klubnya.

Di Piala Dunia 2022, skuat Black Stars akan menghadapi Portugal, Korea Selatan, dan Uruguay di Grup H.

Ghana akan tampil di Piala Dunia untuk keempat kalinya. Skor terbaik mereka adalah lolos ke perempat final pada 2010.

Daftar Pemain Timnas Ghana untuk Piala Dunia 2022:

Kiper: Abdul Nurudeen (Eupen/Belgia), Ibrahim Danlad (Asante Kotoko), Lawrence Ati Zigi (St Gallen/Swiss)

Bek: Denis Odoi (Bruges/Belgia), Tariq Lamptey (Brighton/Inggris), Alidu Seidu (Clermont/Prancis), Daniel Amartey (Leicester/Inggris), Joseph Aidoo (Celta Vigo/Spanyol), Alexander Djiku (Strasbourg/Prancis) , Mohammed Salisu (Southampton/Inggris), Abdul Rahman Baba (Reading/Inggris), Gideon Mensah (Auxerre/Prancis)

Gelandang: Andre Ayew (Al-Sadd/Qatar), Thomas Partey (Arsenal/Inggris), Elisha Owusu (Gent/Belgia), Salis Abdul Samed (Lens/Prancis), Mohammed Kudus (Ajax/Belanda), Daniel Kofi Kyereh (Freiburg /Jerman)

Penyerang: Daniel Afriyie Barnieh (Hearts of Oak/Ghana), Kamal Sowah (Club Brugge/Belgia), Issahaku Abdul Fatawu (Sporting/Portugal), Osman Bukari (Red Star Beograd/Serbia), Inaki Williams (Athletic Bilbao/Spanyol), Antoine Semenyo (Bristol City/Inggris), Jordan Ayew (Crystal Palace/Inggris), Kamaldeen Sulemana (Rennes/Prancis).

Baca Juga: Jelang Piala Dunia 2022, Ini Pesan Pelatih Timnas Inggris untuk Pemain

Leave a Reply

Your email address will not be published.