Tekno  

Porprov Jabar XIV Tahun 2022, Semangat Kemajuan Kontingen Kota Banjar Bangkit Berprestasi

Kota Banjar menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan Porprov Jabar XIV Tahun 2022. Untuk cabang olahraga Grasstrack dan Sepak Bola Putri. Gelora Banjar Patroman atau lebih dikenal dengan Sport Center Langensari. Terpilih, menjadi pusat dari dua cabang olahraga tersebut.

Tentunya Kota Banjar otomatis menjadi kota tujuan Kabupaten/Kota di Jawa Barat dan sekitarnya. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Banjar. Baik dirasakan oleh pelaku UMKM, penyedia jasa hotel dan restoran, catering maupun usaha lainnya.

Seperti pada pertandingan sepak bola putri yang berlangsung pada 3-14 November 2022 di Stadion Gelora Banjar Patroman dengan peserta dari 14 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Lalu, grasstrack dari 4 kelas yang dipertandingkan diikuti 16 Kabupaten/Kota di Sirkuit Patroman Gelora Banjar, Kamis, 17 November 2022.

Perlu diketahui, dari 14 kabupaten/kota di Jawa Barat, sepak bola putri meraih juara 1 Kabupaten Sukabumi, juara 2 Kabupaten Sumedang dan juara 3 Kabupaten Bandung. Padahal pertandingan sepak bola putri itu tanpa penonton. Namun, penggemar sepak bola masih bisa menikmati permainan. Melalui Channel Youtube Diskominfo Kota Banjar.

Sedangkan untuk cabang olahraga grasstrack, penonton bebas datang ke sirkuit untuk menyaksikannya secara gratis. Di cabang olahraga ini, pembalap asli Kota Banjar itu meraih dua medali perak. Yakni, Trail Standard 4 L Individual Upper meraih juara 2 yang diraih oleh Adi Sucipto. Kemudian juara 2 Upper Trail Tim 4 L standar diraih oleh Adi Sucipto dan Ari Febriansyah.

Meski capaian yang diraih Kota Banjar belum maksimal pada Porprov Jabar tahun 2022. Namun, jumlah medali yang diraih Kota Banjar dinilai meningkat dibandingkan Porprov XIII Jabar 2018. Bahkan sejak pertama kali mengikuti ajang tersebut, ia belum pernah meraih medali emas.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar, Dedi Suardi mengatakan. Bahwa atlet yang meraih emas itu dari cabang olahraga Gateball Triple Man Number (emas), Single Man Number (Silver), Double Man Number (Silver). Lalu, Grasstrack Motorized Sport dengan nomor Individu Uper 17 tahun (Silver), Nomor Tim Uper 17 tahun (Silver).

Sementara itu, nomor Olahraga Motorized Roadrace di bawah 17 tahun (Bronze). Kemudian, Olahraga Gulat Kelas Gaya Bebas hingga 125 kg meraih medali Perak.

“Total medali yang diraih Kota Banjar, 1 emas, 5 perak, dan 1 perunggu. Semoga prestasi yang telah diraih Kota Banjar hari ini menjadi semangat kemajuan olahraga di Banjar ke depan,” ujar Dedi Suardi.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Banjar, H. Yoyo Suharyono, Olahraga Grasstrack pada ajang Porprov Jabar XIV di Kota Banjar, merupakan lomba pertama yang digelar di tingkat Porprov Jabar.

“Kota Banjar menjadi pionir tuan rumah cabang olahraga Grasstrack tingkat Jabar. Diprogramkan memperebutkan juara olahraga grasstrack, maju ke tingkat nasional. Semoga kedepannya Kota Banjar kembali ditunjuk menjadi tuan rumah berbagai acara,” imbuhnya.

Hal senada dikatakan Ketua IMI Kota Banjar, H. Asep Nugraha. Menurut dia, duta Kota Banjar pada cabang olahraga Grasstrack Porprov XIV Jabar tahun 2022 ini meraih dua medali perak. Yakni, Trail Standard 4 L Individual Upper meraih juara 2 yang diraih oleh Adi Sucipto. Kemudian juara 2 Upper Trail Tim 4 L standar diraih oleh Adi Sucipto dan Ari Febriansyah.

“Pada Porprov Jabar 2022 ini, Kota Banjar mampu menorehkan sejarah kemajuan balap motor dibandingkan Porprov Jabar sebelumnya. Semoga ke depan lebih baik lagi,” harapnya.

Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih dan Wakil Walikota Banjar H.Nana Suryana menyambut baik terpilihnya Kota Banjar menjadi tuan rumah Porprov. Apresiasi dan terima kasih juga kepada para atlet dan ofisial yang telah mengharumkan nama kota Banjar. Harapannya kedepan akan lahir atlet-atlet unggul di Kota Banjar yang dapat memberikan prestasi lebih dari saat ini.

“Semoga prestasi para atlet Jabar Kota Banjar kali ini bisa diraih. Mampu menorehkan prestasi hingga ke tingkat internasional. Kami Pemkot Banjar mengucapkan terima kasih telah terpilih menjadi tuan rumah sepak bola putri dan lapangan rumput. di Gelora Banjar Patroman. Tentunya diharapkan event olahraga lain yang bertaraf nasional bisa dilaksanakan di Kota Banjar,” pinta Hj. Ade Uu Sukaesih dan H. Nana Suryana. (Lanjutan)


Tampilan Posting:
21

Leave a Reply

Your email address will not be published.