Tekno  

Porprov Kalsel 2022: Urutan Ketujuh Negeri Bumbu

SUNGAI HULU SELATAN – Kontingen Tanah Bumbu mengakhiri Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan (Kalsel) 2022 di peringkat ketujuh klasemen perolehan medali akhir.

Berdasarkan perolehan medali Porprov XI 2022 dari rilis panitia penyelenggara di website https://porprov.konihss.com/perolehan.php, kontingen Bumi Bersujud total membawa pulang 114 medali.

Rinciannya, kontingen Tanah Bumbu meraih 29 emas, 23 perak, dan 62 perunggu.

Prestasi tersebut membuat Tanah Bumbu duduk di peringkat ketujuh perolehan medali akhir Porprov Kalsel XI di bawah tuan rumah Hulu Sungai Selatan, Banjarmasin, Tanah Laut, Banjarbaru, Tapin, dan Hulu Sungai Utara.

Tanah Bumbu berhasil menambah pundi-pundi medalinya pada hari terakhir Porprov XI Kalsel, Minggu (13/11/2022).

Perolehan medali tambahan berasal dari cabang olahraga lompat indah 1 emas, 1 perunggu dan futsal meraih perunggu.

Cabang olahraga sepak bola dan voli putra bahkan berhasil mengukir sejarah dengan meraih medali emas pertama sejak mengikuti Porprov tahun 2006.

Tim voli putra meraih emas setelah mengalahkan Tanah Laut dengan skor 3-0 (25-23, 25-21 dan 25-23) di laga puncak.

Sementara itu, prestasi serupa juga dibukukan tim sepak bola usai mengalahkan tuan rumah Hulu Sungai Selatan melalui adu penalti dengan skor 4-3 di final.

Menanggapi hasil akhir perolehan medali Porprov, Pj. Ketua KONI Tanah Bumbu, Alypatarai menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar, Ketua DPRD beserta anggota, Kadis Budporpar dan seluruh jajarannya.

“Kami tetap bersyukur atas perolehan medali di Porprov XI. Kami tetap bangga dan mengapresiasi para atlet yang telah berjuang dengan sekuat tenaga dan sungguh-sungguh,” ujarnya.

Menurutnya lagi, perolehan medali ini karena kurangnya persiapan dan ada beberapa kendala teknis yang terjadi.

“Dalam kilas balik Porprov X sebelumnya di Tabalong, kami berada di urutan keempat. Jika dibandingkan dengan kabupaten lain, misalnya Kabupaten Tabalong, saat itu sebagai tuan rumah berada di urutan ketiga, namun kini berada di peringkat 12,” kata Alypatarai.

Untuk prestasi yang lebih baik di tahun berikutnya KONI akan tetap menjalankan program yang ada, kemudian melatih atlet-atlet lokal agar bisa bersaing dengan atlet dari luar kabupaten maupun luar provinsi.

Yang terpenting adalah selalu meminta dukungan dari Pemkab Tanah Bumbu untuk menjalankan program dan pembinaan para atlet tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Budporpar Tanah Bumbu, Abdul Zabir mengatakan, target awal yang dilakukan kontingen adalah masuk posisi lima besar.

Kendati demikian, pihaknya tetap bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada para atlet yang telah berjuang semaksimal mungkin mengharumkan nama daerah di pentas olahraga tertinggi tingkat provinsi.

Diketahui, dalam Porprov tahun ini, Kabupaten Tanah Bumbu mengirimkan 611 peserta yang terdiri dari 445 atlet yang mengikuti 36 cabang olahraga dari 40 cabang yang dipertandingkan ditambah 64 pelatih, 75 ofisial, 25 panitia, dan 11 tenaga medis.

Sementara itu, Porprov Kalsel XI sendiri ditutup dengan acara penutupan oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, H. Hermansyah di Stadion 2 Desember Kandangan, Minggu (11/10). 13/2022) malam WITA. (Zh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.