Tekno  

Presiden FIFA Gianni Infantino Menghadiri KTT G20 di Bali

TEMPO. BERSAMA, Jakarta – Presiden FIFA Gianni Infantino telah tiba di Bali untuk menghadiri KTT G20 2022. KTT dijadwalkan berlangsung selama dua hari pada Selasa dan Rabu atau 15-16 November 2022.

Kehadiran Gianni Infantino disambut baik oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Ketua KOI Raja Sapta Oktohari. Erick Thohir melaporkan kehadiran dan sambutan Gianni Infantino melalui Instagram story miliknya pada Selasa, 15 November 2022.

“Kami bertemu lagi dengan Tuan Gianni. Selamat menikmati Indonesia, Tuan Presiden FIFA,” tulis pernyataan Erick Thohir.

Kehadiran Gianni Infantino di KTT G20 Bali melengkapi kunjungan sebelumnya pada 18 Oktober 2022 pasca tragedi Kanjuruhan di Malang. Di sela-sela kunjungan tersebut, ia berjanji akan menghadiri KTT G20 di mana Indonesia saat ini menjadi presiden

Kehadiran Gianni Infantino di KTT G20 2022 disebut memiliki arti penting dalam menginformasikan kepada dunia bahwa Indonesia aman dan bersahabat untuk Piala Dunia U-20 2023. Seperti diberitakan sebelumnya, Gianni Infantino tak ingin Indonesia dilihat dunia sebagai negara rawan insiden sepak bola pasca Tragedi Kanjuruhan.

Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 telah menewaskan sedikitnya 135 orang dan lebih dari 500 orang luka-luka. FIFA juga sepakat bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, AFC, dan PSSI untuk membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia.

Usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 18 Oktober 2022, Gianni Infantino ingin memastikan Indonesia bisa terus berkembang ke depannya. Dalam pandangan Gianni Infantino, salah satu langkah besar yang bisa dilakukan Indonesia adalah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Ia menyebut Piala Dunia U-20 sebagai kompetisi besar di bawah Piala Dunia yang akan digelar di Qatar pada akhir 2022. Menurut Infantino, calon pemain sepak bola dunia akan lahir dari Piala Dunia U-20 2023.

Sehingga Indonesia memiliki peran besar sebagai penyelenggara. Sukses menggelar Piala Dunia U-20 2023 disebut mengubah pandangan negara lain terhadap Indonesia.

“Piala Dunia U-20 akan menjadi cara unik untuk mempromosikan Indonesia. Kami ingin memastikan bahwa Indonesia tidak hanya menjadi tuan rumah G20, dari segi ekonomi. Namun, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah perhelatan sepak bola internasional, episentrum dunia sepak bola,” kata Gianni Infantino.

Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.