Tekno  

Presiden Korsel Soroti Peran Swasta Atasi Krisis Ekonomi

Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol menyoroti peran penting sektor swasta dan pasar dalam transformasi sistem ekonomi dan penguatan ekonomi, Senin (14/11/2022). (Antara/Katriana)

JAKARTA, lightning.com- Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol menyoroti peran penting sektor swasta dan pasar dalam mengubah sistem ekonomi dan memperkuat perekonomian.

“Sektor swasta dan pasar harus memainkan peran sentral dalam mentransformasikan sistem ekonomi dan memperkuat fondasi ekonomi untuk mengatasi krisis,” kata Presiden Yoon Suk Yeol dalam pidatonya di KTT B20 melalui siaran yang disaksikan di Jakarta, Senin ( 14/11/2022).

Dia mengatakan, selama masa pemulihan dari pandemi COVID-19, gangguan rantai pasokan dan serangkaian konflik geopolitik telah mendorong kenaikan biaya produksi.

Oleh karena itu, solusi krisis dapat didorong dari sisi suplai, sementara pemerintah juga perlu meningkatkan perannya.

Namun, ia percaya bahwa sektor swasta dan pasar juga dapat berperan penting dalam penanganan krisis melalui transformasi sistem ekonomi dan penguatan fondasi ekonomi.

Baca juga:
Tancap Gas, Korsel Langsung Fokus Laga Perdana Melawan Uruguay di Piala Dunia 2022

Dalam upaya penguatan peran swasta, perlu dilakukan pembenahan regulasi untuk mengatasi hambatan investasi, serta upaya pemulihan kesehatan fiskal.

Saat ini, katanya, Korea Selatan telah meningkatkan investasi secara signifikan dalam penelitian dan pengembangan teknologi ilmiah yang cenderung sulit dijangkau oleh pelaku bisnis.

Korea Selatan juga mendukung pengembangan talenta di bidang teknologi.

Ia menilai kunci inovasi dari sisi supply yang bisa didorong oleh swasta adalah transformasi digital.

Teknologi digital yang diterapkan pada industri dan data untuk mengurangi biaya dan menghasilkan nilai tambah baru adalah proses yang terus mengarah pada penciptaan bisnis baru.

Baca juga:
Puan, Mega, dan Titik Koma Perdamaian di Korea

Pertumbuhan yang dipimpin oleh sektor swasta dan dikejar oleh Pemerintah Korea juga berfokus pada transformasi digital.

Untuk memastikan perusahaan digital tidak ketinggalan aturan, Korea Selatan berinovasi pada aturan lama, sambil mengejar aturan digital ramah bisnis yang mempromosikan pengaturan mandiri, kata Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol. (semut/jri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.