Tekno  

Profil Enam Negara Islam Peserta Piala Dunia 2022

Ada enam negara Islam yang berpartisipasi di Piala Dunia Qatar 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Perhelatan Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar tinggal menghitung hari. Setidaknya ada beberapa negara Islam yang ikut serta dalam ajang olahraga terbesar dunia tersebut.

Dilaporkan Tentang Islam, Senin (14/11/2022), Piala Dunia tahun ini menjadi turnamen pertama yang digelar di Timur Tengah, yakni momen pertama Piala Dunia di negara berpenduduk mayoritas Muslim. Di Piala Dunia 2022, enam negara Muslim telah lolos ke kompetisi tersebut, dengan harapan besar bisa melaju sejauh mungkin di turnamen internasional.

Qatar, tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022, adalah negara yang terletak di pantai timur laut Semenanjung Arab. Ibu kota Qatar adalah Doha dan bahasa Arab adalah bahasa resmi. Tim nasional Qatar, The Maroons, memainkan pertandingan resmi pertamanya pada tahun 1970 melawan tuan rumah Bahrain, kalah 1-2. Sejak saat itu, tim tersebut telah tampil di sepuluh turnamen Piala Asia sejauh ini, dan telah memenangkannya sekali, pada tahun 2019.

Di Piala Arab FIFA 2021, Qatar memenangkan semua pertandingan penyisihan grup mereka dan menghadapi UEA, menang 5-0. Mereka kalah 2-1 di semifinal melawan Aljazair, dan berakhir di urutan ke-3. Piala Dunia 2022 akan menjadi penampilan pertama The Maroon sejauh menyangkut perhelatan sepak bola Mundial.

Berikut profil enam negara Islam peserta Piala Dunia 2022:

Tunisia

Tim sepak bola nasional Tunisia alias “Carthage Eagles” dibentuk pada tahun 1928 dan merupakan salah satu tim teratas Dunia Islam. Di tingkat regional, tim ini pernah menjuarai Piala Afrika, selain merebut medali emas di Mediterranean Games.

Sejauh menyangkut Piala Dunia, Tunisia telah tampil lima kali. Yang pertama adalah di Piala Dunia FIFA 1978 di mana mereka finis di posisi kesembilan. Antara 1998 dan 2006, mereka memiliki tiga kualifikasi Piala Dunia berturut-turut. Mereka juga lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Piala Dunia 2022 Qatar adalah penampilan keenam mereka di final.

Senegal

Senegal adalah negara Afrika Barat yang membentang 197.000 km2 dimana sekitar 15 juta orang tinggal di dalamnya. Tim sepak bola nasional Senegal, yang dijuluki “Singa Teranga”, dibentuk pada tahun 1959.

Pada Piala Afrika 2021, Senegal memenangkan kompetisi, mengalahkan Mesir dalam adu penalti, dan Mane mencetak penalti kemenangan, untuk menjadikan Senegal sebagai Piala Afrika pertama.

Berkenaan dengan Piala Dunia FIFA, tim Senegal dianggap memiliki performa terbaik kedua untuk Dunia Muslim di FIFA sejauh ini, setelah Turki yang finis ketiga di Piala Dunia Jepang/Korea Selatan 2002.

Arab Saudi

Kekaisaran Asia Barat membentang sekitar 2 juta km2. Ibukotanya adalah Riyadh, dan Islam dianut oleh hampir 99 persen penduduk yang berbahasa Arab sebagai bahasa pertama mereka. Negara ini memiliki populasi hampir 20 juta orang.

Tim sepak bola nasional Arab Saudi, “The Green”, dibentuk pada tahun 1956. Ia memegang tiga gelar Piala Asia, lolos enam kali ke Piala Dunia FIFA, dan memenangkan medali emas pada Permainan Solidaritas Islam 2005 di Hijaz.

Maroko

Maroko, negara Afrika Utara, berpenduduk sekitar 34 juta jiwa di atas lahan seluas 710.850 km2. Ibukotanya adalah Rabat, tetapi kota terbesarnya adalah Casablanca. Agama mayoritas kerajaan adalah Islam oleh 99 persen populasi, dan bahasa resminya adalah Amazigh dan Arab. Tim sepak bola nasional Maroko alias “Atlas Lions” mencapai posisi ke-10 Peringkat Dunia FIFA 1998.

Itu dibentuk pada tahun 1928 dan memenuhi syarat enam kali untuk Piala Dunia FIFA. Tim telah memenangkan Piala Afrika sekali, dua medali emas Pertandingan Mediterania; itu juga mengamankan medali emas di Pertandingan Solidaritas Islam 2013 di Indonesia.

Iran

Ini adalah negara Asia Barat dengan Teheran sebagai ibukotanya. Republik terdiri dari area seluas 1.648.195 km2 dengan populasi lebih dari 82 juta orang. Islam adalah agama utama Iran dengan lebih dari 98 persen. Federasi tim sepak bola nasional Iran didirikan pada tahun 1920. “Singa Persia” adalah salah satu tim paling sukses di Dunia Islam, memenangkan tiga piala Asia dan rekor empat medali emas di Asian Games. Bagi Mundial, tahun ini akan menjadi keenam kalinya mereka lolos.

Leave a Reply

Your email address will not be published.