Tekno  

PSM Bandingkan GBH dengan Stadion Lain di Full Single Seat Menjelang Audit

Makassar

Manajemen PSM Makassar membandingkan Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) dengan beberapa kandang yang digunakan klub peserta Liga 1 lainnya jelang audit. Di Indonesia, stadion yang memenuhi standar menggunakan kursi tunggal secara keseluruhan yaitu Stadion Internasional Jakarta (JIS) dan Gelora Bung Karno (GBK).

“Di mana klub sepak bola yang stadionnya? kursi tunggal penuh. Kecuali stadion yang dibangun menggunakan anggaran negara. GBK, JIS, Manahan Solo, I Wayan Dipta,” ujar Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim yang kerap disapa Sule kepada detikSulselSelasa (18/10/2022).

Sorotan Terkait kursi tunggal Ini adalah salah satu arahan yang direkomendasikan oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) untuk dilaksanakan. Ini akan menjadi bagian dari audit untuk 18 stadion sepak bola yang digunakan untuk acara Liga 1.

“Selain stadion itu, tidak ada lagi klub liga 1 yang stadionnya kursi tunggal penuh,” dia melanjutkan.

Menurut Sule, sejak tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 133 orang itu, PSSI dan pemerintah melakukan pembenahan regulasi dalam penyelenggaraan pertandingan. Termasuk agenda PSSI akan mengaudit ulang stadion yang menjadi markas PSM Makassar saat ini.

“Memang sejak tragedi Kanjuruhan, Presiden sudah meminta semua stadion diaudit. Ini yang kita tunggu, siapa yang datang untuk audit, kapan datangnya,” jelasnya.

Terkait usulan tersebut, lanjut Sule, PSM bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Parepre terus gencar berkomunikasi untuk melakukan pembenahan Stadion GBH. Hal ini dilakukan agar pemenuhan yang diinginkan Pemerintah, FIFA dan PSSI dapat terwujud.

“Kalau soal (perbaikan) stadion, kami sering berkomunikasi dengan Pemkot Parepare. Sejak awal liga, bahkan sampai liga bergulir, hampir semua yang kurang, kami perbaiki bersama,” jelas Sule.

Namun, jika Stadion GBH tidak memenuhi kriteria untuk menggelar pertandingan seperti yang diinginkan PSSI, sebaiknya diberi kesempatan untuk memperbaikinya. Pasalnya hingga saat ini pihak manajemen belum mengetahui apa saja kekurangan dari markas baru Juku Eja tersebut.

“Poin auditnya apa? Kondisi apa yang kita berpotensi gagal audit? Kita harus jelaskan dulu. Kalau ada poin yang tidak lolos, kenapa kita tidak diberi kesempatan untuk memperbaiki?” Dia bertanya.

Saat ini, sepak bola nasional sedang direhat setelah Tragedi Kanjuruhan yang merenggut nyawa 133 orang. Presiden RI Joko Widodo langsung meminta evaluasi total terhadap penyelenggaraan sepak bola nasional.

Jokowi juga meminta Kementerian PUPR untuk mengaudit stadion yang tidak layak renovasi. Yang terbaru, Stadion Kanjuruhan akan dirobohkan dan diganti dengan gedung baru.

Sementara itu, Polri juga akan menyesuaikan aturan FIFA terkait keamanan pertandingan sepak bola. Tindakan represif aparat menjadi salah satu dari sekian banyak korban dalam Tragedi Kanjuruhan.

Tonton video”Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin Tragedi Kanjuruhan
[Gambas:Video 20detik]
(afs/sar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.