Tekno  

PSSI Kunjungi Belanda Gandeng KNVB, Ajax, dan Fayernoord

Jakarta (pilar.id) – Di tengah banyaknya tuntutan agar PSSI segera melakukan pembenahan internal dan evaluasi kinerja, federasi sepak bola Indonesia tidak tinggal diam.

Mereka terus berkarya untuk sepak bola Indonesia. Salah satunya dengan melakukan kunjungan ke luar negeri. Kunjungan tersebut dilakukan oleh Direktur Teknik, Indra Syafri, bersama dengan utusan khusus Hamdan Hamedan, dan staf ahli Shin Tae-yong di timnas Indonesia, Kim Jong-jin.

Indra Syafri dan timnya berkunjung ke Belanda untuk bertemu dengan federasi sepak bola Belanda, KNVB. Mereka juga menjalin komunikasi untuk menjajaki kerja sama dengan dua klub Eredivisie, Ajax Amsterdam dan Fayernoord Rotterdam.

Diunggah di laman PSSI, Senin (17/10/2022), perwakilan PSSI menggelar diskusi dengan KNVB tentang pemantauan pemain, pendidikan pelatih, pembinaan sepak bola anak usia dini dan sepak bola putri, Sabtu (8/10/2022).

Kemudian, mereka juga membahas manajemen timnas dan potensi pelaksanaan training camp (TC) di Belanda serta menghadapi timnas Belanda U-20.

“Yang tidak kalah penting, sertifikasi pelatih berperan dalam memastikan kualitas pelatih dan memaksimalkan potensi para pemain muda yang dilatih,” ujar Indra Sjafri.

Kemudian, bersama Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam, PSSI membahas manajemen akademi, kurikulum sepakbola, dan potensi pemain Indonesia untuk bermain di kedua klub tersebut.

“Saya tertarik mengajak Ajax untuk ikut memberikan masukan dalam filosofi sepak bola Indonesia (Filanesian). Kami juga menjajaki potensi pemain muda Indonesia untuk bermain di dua klub ini, atau setidaknya melakukan ‘trial’ di sana,” kata Indra.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah menerima laporan dari Indra Sjafri dan kawan-kawan tentang pertemuan tersebut, termasuk nama-nama pemain garis keturunan potensial yang secara teknis disetujui oleh pelatih tim Indonesia U-20 Shin Tae-yong.

Kehadiran Indra Sjafri di Belanda merupakan bagian dari program pemantauan pesepakbola muda keturunan Indonesia yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Timnas U-20 binaan Shin Tae-yong saat ini menjalani TC di Eropa, khususnya di Turki dan Spanyol untuk persiapan berlaga di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Skuad berjuluk Garuda Asia itu akan berada di Eropa selama dua bulan.

Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia. (gemuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published.