Tekno  

PSSI Lolos dari Daftar Tersangka Bencana Kanjuruhan, Kok Bisa? – Pojoksatu.id

POJOKSSATU.ID, MALANG – Penetapan enam tersangka dalam Bencana Kanjuruhan yang diumumkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Malang, Kamis (6/10/2022) menjadi sorotan. Pasalnya, tak satu pun dari enam tersangka dari PSSI.

PSSI sebagai induk organisasi sepak bola Indonesia, dinilai sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas Bencana Kanjuruhan yang menyebabkan 131 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

Padahal, dalam penetapan tersangka Bencana Kanjuruhan yang disebut Kapolri, tidak ada ‘perwakilan’ PSSI.

Keenam tersangka dalam tragedi Kanjuruhan Malang tersebut antara lain Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita.

Dalam hal ini, PT LIB dianggap lalai dalam tidak melakukan verifikasi Stadion Kanjuruhan untuk mendapatkan sertifikasi fungsi layak.

BACA JUGA: Indosiar Harvest Blasphemy, Konser ‘Kita Bersama Lesti’ Dibatalkan

Kemudian ketua panitia pelaksana (Panpel) Abdul Haris, Petugas Keamanan Suko Sutrisno.

Sementara itu, polisi menetapkan tiga tersangka. Mereka adalah Kapolres, Kompol Malang Kompol Wahyu SS, Danki Brimob Polda Jatim AKP Hassarman, dan Kasat Samaptha Polres Malang AKP Bambang Sidik Ahmadi.

Keenam tersangka dijerat dengan Pasal 359 dan 360 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan kematian, serta Pasal 103 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang olahraga.

BACA JUGA: Ini Peran 6 Tersangka Bencana Kanjuruhan, Termasuk Dirut PT LIB dan 3 Polisi

“Berdasarkan judul kasus dan bukti permulaan yang cukup, saat ini ditetapkan enam tersangka,” kata Kapolri, Kamis malam.

Sontak penetapan tersangka Kanjuruhan tanpa perwakilan PSSI menjadi sorotan publik.

Bahkan meme bergambar Ketua Umum PSSI, M Iriawan disertai tulisan ‘Tidak Ada Gue Coy’ bertebaran di media sosial.

BACA JUGA: Bukan Anies, Wakil Ketua DPRD DKI dari PKS Tuding Orang Ini Paling Bertanggung Jawab Runtuhnya Tembok MTSN 19 Jakarta

Bahkan akun Twitter @MedioclubID membuat thread berisi makian terhadap pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

“Demi Tuhan. Selamanya, Anda akan dicap sebagai salah satu ketua umum federasi sepakbola/PSSI terburuk dalam sejarah Indonesia,” tulis akun yang dipantau Pojoksatu.id, Kamis malam.

“Sekali lagi ingat, berapapun prestasi yang diraih Timnas di bawah Anda, tidak sebanding dengan nyawa para korban Tragedi Kanjuruhan,” lanjutnya dengan menambahkan tagar #USUTTUNTAS #MC.

Sementara itu, netizen lain juga berkomentar, menyoroti Kapolri yang dinilai takut menyeret seniornya.

“Kapolri takut mantan Kapolres Metro,” komentar akun @Bos***o. (tengah/sudut satu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.