Tekno  

Puan Maharani Bertemu PM Kanada dengan Pendiri Crypto Currency Exchange di B20 Summit

Suara.com – Ketua DPR RI, Puan Maharani menghadiri acara penutupan Business 20 atau B20 Summit 2022 yang merupakan salah satu acara utama dari rangkaian acara KTT G20 di Indonesia. Ia juga bertemu dengan sejumlah pemimpin dunia. Closing Summit B20 digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Senin (14/11/2022).

Kehadiran Puan disambut baik oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua I Bidang Sherpa Track G20 Indonesia. B20 sendiri merupakan forum dialog resmi yang menjadi bagian dari KTT G20 di bawah Sherpa Track atau Jalur Sherpa. B20 Summit Indonesia diselenggarakan selama dua hari oleh Kamar Dagang Indonesia (KADIN) atas perintah Pemerintah Indonesia sebagai Presidensi G20 2022.

Sebelum acara dimulai, Puan sempat berbincang dengan Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau yang turut hadir. Kepada Puan, Justin Trudeau menyampaikan apresiasinya terhadap Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun ini.

“Terima kasih kepada Tuan Justin Trudeau. Meski jadwal padat, beliau menyempatkan diri untuk hadir dan memberikan dukungan bagi Indonesia di B20 dan G20,” ujar Puan menanggapi apresiasi Justin Trudeau.

Baca juga:
Elon Musk Pakai Batik Sulawesi di KTT B20: Ini bagus, saya suka

Sebagai salah satu forum utama KTT G20, B20 mewakili kepentingan komunitas bisnis global dalam merumuskan rekomendasi kebijakan untuk mendukung proses pembuatan kebijakan G20. Nantinya rangkaian acara B20 Summit Indonesia akan dihadiri oleh banyak tokoh yang prestasinya mendunia.

Tak hanya itu, KTT B20 juga dihadiri oleh sejumlah kepala negara, pemimpin organisasi global, dan tokoh bisnis dunia yang turut berpartisipasi sebagai pembicara. Forum ini menyajikan pandangan umum dari komunitas bisnis internasional mulai dari pemerintahan, perbankan, telekomunikasi, keuangan, farmasi, ritel hingga teknologi.

Aktris Hollywood Anne Hathaway selaku UN Women Ambassador sekaligus CEO Tesla, Elon Musk juga mengisi forum diskusi di B20 meski secara virtual. KTT B20 bertujuan untuk merumuskan rekomendasi dan menetapkan komitmen para pemimpin bisnis dan organisasi bisnis untuk mengatasi masalah saat ini.

Dalam salah satu rangkaian acara B20 Summit Indonesia, Puan juga berkesempatan untuk bertemu dengan eksekutif pendiri bursa cryptocurrency terbesar di dunia, Changpeng Zhao. Changpeng Zhao adalah pendiri dan CEO Binance. Selain membicarakan bisnis teknologi digital, Puan dan Changpeng Zhao berswafoto bersama.

Dengan latar belakang keuangan dan teknologi, Zhao menduduki peringkat ke-3 sebagai ‘orang terkaya dalam cryptocurrency’ oleh Majalah Forbes dengan kekayaan bersih sekitar 1,9 miliar USD tahun lalu. Zhao sebelumnya adalah anggota tim pengembangan blockchain. Puan berharap pengalaman dan ilmu yang dibagikan para pakar dari komunitas bisnis internasional dapat dimanfaatkan secara maksimal, khususnya oleh generasi muda Indonesia.

Baca juga:
Desmond Mahesa: MA bukan lembaga terhormat, sekarang jadi sarang koruptor!

“Masukan dari pelaku bisnis global penting untuk rekomendasi dan rencana aksi G20. Apalagi negara-negara global sedang menghadapi ancaman resesi,” ujar perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini.

Untuk diketahui, B20 Summit Indonesia dihadiri lebih dari 1.500 orang yang terdiri dari delegasi bisnis papan atas, baik dari dalam maupun luar negeri. Nantinya, rekomendasi dari B20 tersebut akan disampaikan kepada Indonesia sebagai tuan rumah atau Presidensi G20 untuk diperhitungkan dalam kesimpulan akhir KTT G20.

“Dunia usaha, pelaku usaha dan pemerintah harus bahu-membahu menghadapi ancaman krisis ekonomi, kemudian memitigasi dan mencari jalan keluarnya,” kata Puan.

KTT G20 atau acara Group of Twenty yang merupakan forum kerja sama ekonomi multilateral yang beranggotakan negara-negara dengan ekonomi terbesar dunia akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 15-16 November 2022. Acara ini merupakan puncak dari rangkaian agenda G20 selama periode Indonesia Kepresidenan G20.

Leave a Reply

Your email address will not be published.