Tekno  

Ratusan ASN Pemkot Denpasar mendapat pembekalan terkait program GTA

Denpasar (ANTARA) – Ratusan PNS di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar, Bali, mendapatkan pembekalan dan pelatihan dalam program Akademi Transformasi Pemerintah, sebagai salah satu upaya peningkatan kompetensi digital PNS.

“Terjadi pergeseran masif dalam proses pelayanan publik ke digital. Untuk dapat memaksimalkan kerja digital ini tentunya perlu didukung oleh aparatur yang melek digital,” ujar Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana saat membuka pelatihan di Denpasar, Senin.

Oleh karena itu, kata dia, untuk melakukan transformasi digital dibutuhkan talenta digital, khususnya di kalangan ASN.

“Atas nama Pemkot Denpasar, saya menyambut baik fasilitasi yang diberikan, sehingga ASN Kota Denpasar berpeluang meningkatkan kompetensi dalam penguasaan teknologi informasi,” ujarnya.

Alit Wiradana menambahkan, pandemi COVID-19 menjadi momentum percepatan transformasi digital. Pandemi telah mengubah cara kerja, cara belajar, cara beraktivitas, cara berkreasi dan cara bertransaksi.

Baca juga: Ibu Literasi Denpasar: Gerakan literasi tidak terbatas pada membaca dan menulis

Pihaknya mengapresiasi langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui program Government Transformation Academy (GTA) sebagai titik pangkal meningkatkan kompetensi digital.

“Program GTA ini juga menjadi momentum upaya peningkatan kompetensi ASN dalam mendukung percepatan transformasi digital di instansi pemerintah, khususnya di lingkungan Pemkot Denpasar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKSDM Kota Denpasar I Wayan Sudiana dalam laporannya mengatakan, jumlah peserta sudah ditetapkan minimal 200 orang. Namun, ada 331 orang yang mendaftar untuk berpartisipasi.

Untuk itu telah dilakukan review dan validasi persyaratan peserta yang saat ini ditetapkan sebanyak 258 peserta. Pesertanya adalah pegawai non ASN, tenaga ASN, tenaga kependidikan, pejabat struktural bahkan pimpinan organisasi perangkat daerah.

Baca juga: Pemkot Denpasar libatkan produsen-distributor dalam Food Bazaar

Pelatihan tersebut terbagi dalam beberapa lokasi yaitu di BKSDM, Inspektorat, Diskominfo, Dispar, Disdukcapil dan di Kantor Camat Denpasar Utara yang dilaksanakan serentak pada tanggal 14-18 November 2022.

Sekretaris Kota Denpasar IB Alit Wiradana membuka pelatihan yang ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Pokja GTA Kemenkominfo Heri Abdul Azis, Kepala Dinas Kominfo Kota Denpasar IB Alit Adhi Merta, Kepala BKSDM Kota Denpasar I Wayan Sudiana dan sejumlah pimpinan OPD.

Leave a Reply

Your email address will not be published.