Tekno  

Ratusan Fashion Designer Lokal dan Internasional Siap Meriahkan JFW 2023

Jakarta: Tahun ini, Jakarta Fashion Week 2023 menjanjikan lebih dari 1600 tampilan koleksi terbaru oleh para pegiat mode. Mulai dari Obin, Harry Halim, Jeffry Tan, Yosafat Dwi Kurniawan, Wilsen Willim, Benang Jarum, Nada Puspita, hingga sejauh mata memandang.

Juga perancang busana dari Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) seperti Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Chossy Latu, Ghea Panggabean, Andreas Odang, Denny Wirawan, Priyo Oktaviano, Eridani, Liliana Lim dan masih banyak lagi. lagi.

Ada juga 3 perancang busana internasional yang akan memeriahkan runaway tahun ini. Ini termasuk Ngali oleh Denni Francisco dari Australia, dan St. Ego dan Doucan dari Korea Selatan.

Salah satu acara yang paling dinanti dari Jakarta Fashion Week setiap tahunnya adalah segmen Dewi Fashion Knights. Tawaran dari Majalah Dewi, Dewi Fashion Knights menghadirkan deretan perancang busana terbaik Indonesia dengan tema tersendiri yang berkesinambungan dengan tema utama JFW 2023.

“Tema utama JFW 2023 cukup menantang yaitu Fashion Reformation. Jadi kami ingin memastikan bahwa mereka yang muncul di acara ini dapat menerjemahkan tema ini dengan baik. Jadi, kami telah mengkurasi dengan cermat para perancang busana yang tampil, termasuk yang berkolaborasi dengan mitra Jakarta Fashion Week,” kata Andandika Suracetja, Creative Director Jakarta Fashion Week.



(Desain interior Jakarta Fashion Week 2023 di Balai Kota, Lantai 5, Pondok Indah Mall 3. Foto: Dok. Spesial)

Setelah dua tahun terselenggara dengan berbagai pembatasan pandemi, JFW 2023 tahun ini akan digelar secara offline selama seminggu penuh. Namun, JFW 2023 juga disiarkan secara online.

“Artinya komunikasi kita tidak terbatas, di platform media apapun. Live streaming juga bisa didapatkan di mana saja, baik JFW.TV, YouTube, Instagram, TikTok, Facebook, Vidio.com, atau MAXstream. Untuk media yang membutuhkan foto dan video, kami juga menyediakan akses di Getty Images,” jelas Svida.

Selain itu, Jakarta Fashion Week 2023 juga berupaya untuk selalu relevan dengan kemajuan teknologi khususnya di era metaverse. Dalam hal ini JFW 2023 bekerja sama dengan WIR Group, perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), melalui Nusameta, yang dibuat oleh WIR Group, yang merupakan ekosistem metaverse Indonesia.

“Kerja sama ini kami sambut baik khususnya agar masyarakat dapat melihat secara langsung manfaat lebih lanjut dari metaverse dalam industri kreatif seperti fashion. Nusameta memungkinkan para penggiat fashion untuk menciptakan pengalaman unik berinteraksi antara dunia nyata dan dunia digital di panggung JFW 2023. Selain itu , Dunia metaverse akan memberikan peluang ekonomi baru bagi para pekerja kreatif termasuk perancang busana, sekaligus menjadi wadah untuk memaksimalkan kreativitas mereka tanpa dibatasi oleh kendala seperti material, dan lain-lain,” ujar Gupta Sitorus, Chief Marketing and Sales Officer of Grup WIR.

Tinggal menghitung hari, penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2023 akan berlangsung secara offline di Balai Kota, Level 5, Pondok Indah Mall III, Jakarta Selatan, mulai 24-30 Oktober 2022. Sejauh ini, panitia JFW 2023 telah mencatat total 34 show dari sedikitnya 116 label fashion dan desainer, baik nasional maupun internasional.
(yyy)

Leave a Reply

Your email address will not be published.