Tekno  

Rawan Konflik, Industri Chipset Diprediksi Tinggalkan Taiwan

Hitekno.com – Ketegangan antara China dan Amerika Serikat berlanjut dengan kecepatan penuh. Situasi ini berdampak negatif pada hubungan diplomatik kedua negara dan hubungan perdagangan di kawasan.

Dilaporkan dari Gizmochina, menurut pernyataan CEO MediaTek Rick Tsai, ketegangan politik mendorong beberapa perusahaan manufaktur untuk berbicara tentang memperluas beberapa rantai pasokan mereka di luar Taiwan.

Baca juga:
– Bacang di Toko Kue Laku Harga Fantastis, Netizen: Beli Nasi Padang Dapat 3 Porsi – Usai Insiden Ledakan Istanbul, Turki Langsung Blokir Facebook dan YouTube – Warung Ini Diberi Review Buruk Usai Viral Kasus Body Shaming, Netizen Ternyata menjadi Sasaran yang Salah

Taiwan adalah salah satu pusat teknologi terkemuka di dunia. Kantor pusat banyak perusahaan penting, seperti Asus, MediaTek, dan TSMC, berlokasi di sini.

Selain itu, produsen pemasok yang sangat penting bagi perusahaan teknologi juga berlokasi di sini.

Situasi ini telah berkontribusi pada perkembangan hubungan komersial di kawasan dan perkembangan teknologi di negara-negara Asia.

Namun, menurut CEO MediaTek Rick Tsai, beberapa “sangat besar[equipment manufacturers]akan mengharuskan pemasok chip mereka memiliki banyak sumber, seperti dari Taiwan dan dari AS, atau dari Jerman atau dari Eropa.”

Tsai mengatakan bahwa pada tingkat ini mereka perlu menemukan sumber yang berbeda untuk chip yang sama di masa mendatang dan menggarisbawahi bahwa perubahan tersebut tidak akan berskala besar.

Mungkinkah MediaTek mengalihkan produksi dari Taiwan?

Sementara chip ponsel cerdas MediaTek yang paling canggih diproduksi di Taiwan, perusahaan juga memiliki rencana di luar negeri.

Tsai mengatakan beberapa model chip lama diproduksi oleh GlobalFoundries Inc, yang memiliki pabrik di tempat-tempat seperti AS dan Singapura.

Perusahaan mendorong untuk memperluas bisnis AS dan ingin meningkatkan penjualan beberapa kali.

MediaTek juga akan memproduksi di fasilitas Intel Irlandia dan TSMC di Arizona.

Namun, persiapan ini tampaknya lebih seperti mempersiapkan yang terburuk daripada memindahkan produksi.

Tsai juga mengatakan tidak realistis untuk pindah sepenuhnya dari Taiwan, wilayah paling penting di dunia untuk pembuatan chip berteknologi tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.