Tekno  

Saya kira tidak demikian! Shahid Khan Dulu Pencuci Piring, Sekarang Punya Rp 164 T

Jakarta

Jalan hidup seseorang untuk mencapai kesuksesan tentu berbeda-beda. Namun, siapa sangka mantan pencuci piring bisa menjadi kaya? Hal ini nyatanya terjadi pada seorang pengusaha keturunan Pakistan bernama Shahid Khan.

Per 12 Oktober 2022, pria berusia 72 tahun ini tercatat sebagai miliarder dunia ke-160 versi Forbes dengan total kekayaan US$ 10,7 miliar atau sekitar Rp. 164 triliun (kurs Rp 15.362).

Mengutip dari SuccessStory, Rabu (12/10/2022), Shahid Khan lahir 18 Juli 1950 di Lahore, Pakistan. Sejak kecil ia memiliki cita-cita untuk menjadi seorang arsitek. Untuk mewujudkan mimpinya, ia nekat merantau ke negeri Paman Sam pada usia 16 tahun.

Sesampainya di Amerika, Shahid bekerja sebagai pencuci piring di sebuah restoran dengan bayaran US$1,20 per jam. Berkat kerja kerasnya, Shahid Khan akhirnya berhasil menyelesaikan gelar B.Sc di bidang teknik industri dari University of Illinois at Urbana-Champaign (UIUC) pada tahun 1971. Shahid Khan akhirnya menjadi warga negara AS pada tahun 1991.

Saat masih kuliah, Khan sudah mulai mewujudkan mimpinya menjadi orang sukses. Karier pertamanya dengan Flex-N-Gate. Setelah lulus dari perguruan tinggi, ia terpilih sebagai Direktur Teknis perusahaan. Dia adalah pelopor dalam pembuatan bumper mobil untuk truk pick-up dan bengkel.

Sukses menjadi pengusaha bemper mobil dan bengkel, Shahid Khan tidak langsung puas. Dia kemudian mencoba membuat kekayaannya tumbuh dengan berinvestasi di dunia olahraga.

Pertama kali pria berkumis tebal ini mencoba memiliki tim NFL adalah pada tahun 2010. Kesepakatan untuk memperoleh 60% St. Louis Rams dibuat. Namun, pemegang saham minoritas Stan Kroenke membatalkan kesepakatan tersebut karena terbentur klausul.

Namun, Khan tidak menyerah begitu saja. Dia kemudian membeli Jacksonville Jaguar, sebuah tim American Football pada tahun 2011.

Ia pun semakin kecanduan berinvestasi di dunia olahraga. Pasalnya, sekitar dua tahun setelah membeli tim sepak bola, ia membeli klub sepak bola Fulham yang berbasis di Inggris.

Kemudian, Shahid Khan membeli Flex-N-Gate pada tahun 1980 dan hanya dalam waktu 9 tahun menjadikan perusahaan satu-satunya pemasok suku cadang Toyota di AS.

Shahid Khan menikahi pacarnya sejak kuliah, yaitu Ann Khan pada tahun 1977. Kini ia telah menikah selama 31 tahun dan memiliki dua orang anak, Tony dan Shanna. Saat ini, Khan dan keluarganya tinggal di Naples, Florida.

(fdl/fdl)

Leave a Reply

Your email address will not be published.