Tekno  

Sejarah Piala Dunia, Piala dan Maskot Terkenalnya

Jakarta

Sejarah Piala Dunia harus dimulai dengan mengetahui, apa itu Piala Dunia? Piala Dunia adalah kompetisi terpenting dalam dunia sepakbola internasional.

Penyelenggara Piala Dunia adalah Fédération Internationale de Football Association (FIFA) alias badan internasional yang menentukan berbagai hal mengenai sepak bola dan induk asosiasi sepak bola negara-negara dari seluruh dunia.

Mari kita mulai berbicara tentang sejarah Piala Dunia yang dilansir melalui buku Sejarah Piala Dunia oleh Yudi Fachrurozy.

Satu fakta menarik dari sejarah Piala Dunia berkaitan dengan situasi politik dan ekonomi negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Selanjutnya, fakta lain menyatakan kapan Piala Dunia bukanlah kejuaraan sepak bola internasional pertama melainkan Olimpiade yang diselenggarakan pada tahun 1908.

Hingga akhirnya ide kejuaraan sepak bola dunia dicetuskan pada tahun 1904 di Paris saat Kongres FIFA Pertama dan baru dilaksanakan pada tahun 1928.

Presiden FIFA, Jules Rimet dan rekannya Henri Delaunay memutuskan untuk mengimplementasikan ide tersebut dan setahun kemudian FIFA secara resmi menyelenggarakan Piala Dunia yang diadakan setiap empat tahun sekali.

Uruguay menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia setelah diputuskan pada Kongres FIFA pada 17-18 Mei 1929 di kota Barcelona, ​​Spanyol.

Piala Dunia pertama berlangsung pada 13-30 Juli 1930 yang diikuti oleh 13 negara. Mereka terdiri dari 6 negara dari Amerika Selatan, 5 dari Eropa dan 2 dari Amerika Utara.

Ajang kejuaraan dunia ini berlangsung saat bangsa Eropa sedang mengalami depresi ekonomi. Hal ini menyebabkan sejumlah pesepakbola Eropa takut kehilangan pekerjaan saat kembali dari turnamen di Uruguay.

Akibatnya, beberapa tim Eropa terkenal, termasuk peraih medali emas Olimpiade tiga kali Inggris dan penggemar sepak bola Italia, Spanyol, Jerman, dan Belanda, tidak tampil di Piala Dunia pertama.

Namun, ternyata Uruguay berani membantu membayar biaya perjalanan mereka. Belakangan, Rimet meyakinkan Belgia, Prancis, Rumania, dan Yugoslavia untuk mengikuti turnamen tersebut.

Untuk Rumania sendiri, pemimpin mereka, Raja Carol, secara pribadi memilih anggota tim keberangkatan. Dia juga menjanjikan para atlet liburan tiga bulan dan menjamin pekerjaan mereka ketika mereka kembali.

Dalam kontes bersejarah tersebut, Uruguay dikabarkan mengalahkan Argentina dengan skor 4-2 di depan 93.000 penonton dan merebut gelar Piala Dunia pertamanya.

Namun perjalanan Piala Dunia tak selalu mulus. Piala Dunia dihentikan karena Perang Dunia II selama 12 tahun.

Hal itu terjadi karena Piala Dunia melibatkan berbagai negara di dunia yang ikut serta dalam Perang Dunia II. Sehingga menyebabkan berbagai kegiatan internasional terhenti termasuk olahraga.

Hingga akhirnya pada tahun 1950 Piala Dunia kembali dilanjutkan dengan Brasil sebagai tuan rumah.

Kini, di tahun 2022 liga olahraga terbesar juga akan kembali digelar di Qatar, Uni Emirat Arab yang akan berlangsung pada tanggal 20 November – 18 Desember 2022.

Trofi Piala Dunia

Masih melansir dari sumber yang sama, trofi Piala Dunia merupakan trofi emas yang diberikan kepada pemenang Piala Dunia FIFA. Berikut penjelasannya:

1. Piala Jules Rimet

Trofi Jules Rimet adalah hadiah asli untuk negara yang memenangkan Piala Dunia Sepak Bola. Awalnya trofi itu bernama ‘Victory’ tetapi berganti nama pada tahun 1946 untuk menghormati Jules Rimet, mantan presiden FIFA dan orang yang mengusulkan Piala Dunia pertama.

Trofi yang digunakan sejak awal Piala Dunia dikabarkan hilang pada 19 Desember 1983 karena dicuri. Dalam kejadian itu empat orang diadili dan dihukum namun piala tidak pernah dikembalikan.

2. Trofi Piala Dunia FIFA

Untuk menggantikannya akhirnya diperkenalkan Trofi Piala Dunia pada tahun 1974. Trofi ini terbuat dari emas 18 karat dengan dasar perunggu bergambar dua sosok manusia yang sedang memegang Bumi.

Trofi tersebut digunakan saat ini dan belum diketahui apakah FIFA akan menghentikan trofi tersebut.

Daftar Maskot Piala Dunia

Setiap Piala Dunia digelar, satu hal yang menarik perhatian adalah kehadiran maskot Piala Dunia dan membuat liga semakin semarak, berikut daftarnya:

1. Piala Dunia Willie, Inggris 1966
2. Juanito, Meksiko 1970
3. Tip and Tap, Jerman Barat 1974
4. Gauchito, Argentina 1978
5. Naranjito, Spanyol 1982
6. Pique, Meksiko 1986
7. Ciao, Italia 1990
8. Striker Amerika Serikat 1994
9. Footix, Prancis 1998
10. Ato, Kaz and Nik (The Spheriks), Korea-Jepang 2002
11. Goleo VI dan Pille Jerman 2006
12. Zakumi, Afrika Selatan 2010
13. Fuleco, Brasil 2014
14. Zabivaka, Rusia 2018
15. La’eeb, Qatar 2022

Itu sejarah Piala Dunia apa yang bisa detikers ketahui, biar lebih paham kan?

Menonton video “Jelang Piala Dunia, Qatar Pasang 15.000 Kamera di 8 Stadion
[Gambas:Video 20detik]
(sahabat/sahabat)

Leave a Reply

Your email address will not be published.