Tekno  

Sejarah Sepatu Bola Berawal dari Sepatu Kerja: Okezone Bola

SEJARAH Sepatu bola yang berasal dari sepatu kerja menarik untuk diculik. Pasalnya, item ini merupakan penunjang penting dalam bermain sepak bola.

Sepatu bola masa kini telah dibentuk senyaman mungkin untuk membantu pemain mencapai performa terbaiknya. Desain, motif, dan perpaduan warna juga penting dalam sepatu bola.



Lionel Messi

Tidak seperti di masa lalu, seseorang menggunakan sepatu untuk bermain sepak bola. Bahkan, ada yang menggunakan sepatu kerja.

Tentu saja, ada sejarah di balik penggunaan sepatu bot kerja dalam sepak bola dan evolusi sepatu bot dari waktu ke waktu. Mari kita lihat lebih dekat.

Sejarah Sepatu Sepak Bola

Sepatu bola mulai muncul pada tahun 1526 yang digunakan oleh Raja Henry VIII. Sepatu ini ditemukan oleh Maria Hayward, seorang ahli tekstil dari University of Southampton.

Sejak itu, tidak ada lagi informasi tentang sepatu bola. Pada tahun 1800-an, ketika sepak bola mulai terkenal di Inggris, sepatu bola mulai dibicarakan lagi.

Saat itu, setiap pemain bebas menggunakan berbagai jenis sepatu di lapangan. Banyak yang menggunakan sepatu kerja, bahkan ada yang menggunakan sepatu wanita dengan hak tinggi.

Sepatu yang digunakan rata-rata memiliki besi pada bagian jari kaki dan paku sehingga tidak licin di lapangan. Namun, banyak yang menggunakannya untuk melukai lawan.

BACA JUGA: Kisah Cristiano Ronaldo Menjadi Pengemis untuk Bermain Dengan Anak

Sampai tahun 1863, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) melarang penggunaan sepatu yang memiliki paku menonjol, pelat logam, dan karet karet di sol sepatu mereka. Sejak dikeluarkannya peraturan tersebut, produsen sepatu sepak bola bermunculan.

Pada tahun 1895, Joe dan Jeff Foster mendirikan JW Foster and Sons. Hingga tahun 1958, namanya berubah menjadi Reebok.

BACA JUGA: 8 Nilai Transfer Teraneh di Dunia Sepak Bola, Nomor 1 Dibeli dengan Besi

Kemudian pada tahun 1924, Adolf dan Rudolf Dassler membuka pabrik sepatu dengan nama Gebruder Dassler Schuhfabrik. Namun, mereka berhenti bekerja sama pada tahun 1947 dan membuat produk sepatu sendiri. Adolf membentuk Adidas dan Rudolf membentuk Puma.

Di era 1920-an, industri sepatu sepak bola semakin meningkat. Bahkan, sepatu bola sudah diproduksi massal. Masyarakat umum dan anak-anak dapat memiliki sepatu bola.

Dari tahun ke tahun, perkembangan sepatu bola semakin meningkat. Sepatu bola sudah memiliki tali dengan berbagai macam warna.

Cristiano Ronaldo

Hingga tahun 1951, sponsor dari pemain ternama mulai bermunculan untuk meningkatkan brand awareness suatu produk sepatu. Stanley Matthews menjadi pemain pertama sebagai bintang sepatu bernama CWS.

Selain Matthews, bintang sepak bola lainnya, ada Pele. Ia menggunakan sepatu Bobby Charlton yang dibuat khusus untuk gaya bermain Pele saat itu.

Pada tahun 1995, Craig Johnston merancang sepatu bernama Predator yang diproduksi oleh Adidas. Sepatu yang menggunakan bahan kulit kanguru dan diklaim lebih mudah untuk melengkungkan bola. Sepatu ini digunakan oleh bintang sepak bola, seperti Zinedine Zidane, David Beckham, dan Steven Gerrard.

Hingga saat ini, sepatu bola terus mengalami perubahan bentuk, desain, dan kombinasi warna. Tujuannya adalah kenyamanan dan tentunya keamanan saat bermain sepak bola.

Itulah sejarah sepatu bola yang berawal dari sepatu kerja.


Leave a Reply

Your email address will not be published.