Tekno  

Sektor Teknologi Jatuh, IHSG Ditutup Turun Hampir 1 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada perdagangan Senin (14/11/2022) hari ini. Sejak dibukanya paruh kedua perdagangan, indeks bursa saham nasional bergerak di zona merah.

Melansir dari data RTI, IHSG hanya bergerak di zona hijau pada awal perdagangan, setelah itu terus bergerak di zona negatif. Pada akhirnya, IHSG ditutup turun 69,81 poin atau 0,98 persen menjadi 7.019,39.

Statistik menunjukkan mayoritas saham yakni 327 saham menguat, 198 saham melemah, dan 184 lainnya stagnan. Nilai transaksi perdagangan sepanjang hari mencapai Rp 16,06 triliun dengan volume saham yang diperdagangkan mencapai 28,74 miliar saham.

Baca juga: Ketua OJK: Bursa Efek RI Terbaik di Kawasan, Tapi Sentimen Global Mulai Tekan Penguatannya

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, 9 dari 11 indeks sektoral melemah, di mana sektor teknologi merosot 2,31 persen. Sebaliknya, sektor non-siklus mengalami peningkatan tertinggi yaitu sebesar 0,67 persen.

Seiring dengan anjloknya indeks sektor teknologi, saham Elang Mahkota Teknologi (EMTK) dan GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) menempati posisi dua besar top losers di indeks LQ45, masing-masing terkoreksi 4,58 persen dan 2,86 persen.

Di sisi lain, Harum Energy (HRUM) menjadi top gainer di indeks yang sama, dengan kenaikan 4,08 persen menjadi Rp 1.660, diikuti Indika Energy (INDY) yang naik 2,23 persen menjadi Rp 2.750, dan Hanjaya Mandal Sampoerna (HMSP ) menguat 2,19 persen menjadi Rp 935.

Baca juga: JCI Park di Zona Merah, Sektor Teknologi Koreksi Terdalam

Sedangkan bursa regional Asia ditutup bervariasi atau mixed, dimana indeks Nikkei turun 1,06 persen dan Shanghai Composite terkoreksi 0,13 persen. Sebaliknya, Hang Seng Hong Kong dan Straits Times masing-masing naik 1,70 persen dan 1 persen.

Disclaimer: Artikel ini tidak dimaksudkan untuk membeli atau menjual saham. Semua rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan seksama sebelum membeli/menjual saham.


Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.