Tekno  

Senang! Anter Venus Terpilih Menjadi Rektor UPNVJ Periode 2022-2026

Jakarta: Dr.Dra. Anter Venus, MA terpilih sebagai Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) dalam Sidang Tertutup Senat Pemilihan Rektor Periode 2022–2026 yang bertempat di Ruang Rapat Nusantara 1 Kampus UPNVJ Pondok Labu, Jakarta Selatan, Senin 10 Oktober 2022 .

“Semoga Rektor terpilih bisa membangun UPN ‘Veteran’ Jakarta lebih baik lagi,” ujar Ketua Senat UPNVJ Prof. Dr. Bambang Waluyo, SH, MH usai penghitungan suara Pilkada Rektor.

Hasil voting menempatkan Venus di posisi pertama dengan 38 suara, disusul Dr. Abdul Halim, M.Ag yang meraih 13 suara, dan Dr. R. Dudy Heryadi, M.Si yang meraih 0 suara.





Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

Dalam sambutannya, Venus mengatakan pemilihan rektor tidak boleh dilihat sebagai kompetisi dan bukan soal menang. Ia meyakini bahwa seseorang memiliki garis tangan yang telah ditentukan oleh Allah SWT, dan sudah takdir-Nya ia terpilih sebagai Rektor UPNVJ.

“Saya percaya amanat itu diberikan dan dicabut oleh Tuhan. Bagi saya, hari ini adalah takdir-Nya, untuk melanjutkan apa yang telah dirintis Rektor sebelumnya,” ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima UPNVJ. Medcom.id.

Venus mengatakan Kanselir bukanlah manusia super yang bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu, perlu adanya sinergi, kerjasama, dan komitmen dengan seluruh civitas akademika untuk membawa hasil yang terbaik bagi UPNVJ.

Sinergi dan pola pikir berkembang menjadi faktor kunci transformasi UPNVJ, terutama di tengah dunia pendidikan yang terganggu, arah kebijakan pendidikan tinggi pemerintah yang dinamis-kolaboratif, dan dampak pandemi Covid-19 yang memberikan warna baru bagi pendidikan saat ini. praktek.

“Salah satu nilai hidup yang saya pegang adalah nilai-nilai inti Islam sebagaimana tercermin dalam surat Ar-Rahman (60) yang menyatakan bahwa tugas hidup adalah berbuat kebaikan dan tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan. Jadi niat saya dalam pemilihan ini hanya untuk berbuat baik. Insya Allah. Allah, kita berdua berbuat baik dan mendapatkan balasan yang baik, “kata Venus.

Rektor UPNVJ Prof. Dr. Erna Hernawati, Ak. CPMA, CA berharap Rektor Terpilih Dr. Anther Venus, MA. dapat membawa UPNVJ mencapai visi “Menjadi Universitas Unggul berkualitas internasional yang inovatif, berdaya saing dan memiliki jati diri Bela Negara untuk kemajuan masyarakat Indonesia”.

“Saya berharap Rektor terpilih dapat melanjutkan program yang sudah ada. Ke depan UPNVJ menghadapi program yang cukup besar yaitu mulai efektif sebagai Badan Layanan Umum (BLU) dan mempersiapkan rencana Kementerian untuk menjadikan BLU PTN menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum,” kata Erna.

Rektor juga berharap Rektor Terpilih dapat bekerjasama dengan seluruh civitas akademika untuk mewujudkan visi UPNVJ. Gesekan yang muncul selama proses pemilihan rektor harus dihilangkan untuk mencapai tujuan bersama.

Senang!  Anter Venus Terpilih Menjadi Rektor UPNVJ Periode 2022-2026
Prof Dr Erna Hernawati. (UPNVJ)

Karakter Nasional

Terkait estafet kepemimpinan, Rektor menyampaikan bahwa kepemimpinan Rektor terpilih harus sesuai dengan rencana dan strategi UPNVJ yang telah disusun.

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Dra. Dyah Ismayanti, M.ed juga hadir dalam Pilrek tersebut mewakili Menteri Nadiem Anwar Makarim. Dalam sambutannya sebelum pemungutan suara dimulai, ia mengatakan calon rektor harus berkomitmen untuk memperkuat aspek internal serta membangun sinergi yang solid dan membuka ruang untuk kolaborasi dengan industri dan sumber daya lainnya.

“Perubahan teknologi dan ekonomi yang cepat harus diikuti dengan peningkatan kompetensi. Oleh karena itu, harus dibangun simbiosis mutualisme antara perguruan tinggi dengan dunia industri,” kata Dyah.

Kepada para calon rektor, ia juga berpesan untuk memperkuat akuntabilitas dan kualitas kelembagaan UPNVJ, karena kemampuan suatu bangsa dipengaruhi oleh sumber daya manusia dan karakter bangsa merupakan modal utama.

“Semoga kita selalu diberikan kemampuan untuk mengemban amanah mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Dyah.

Senang!  Anter Venus Terpilih Menjadi Rektor UPNVJ Periode 2022-2026
Kepala Biro SDM Kementerian Pendidikan dan Teknologi, Dra. Dyah Ismayanti, M.ed. (Humas UPNVJ)

Panitia Pemilihan Rektor UPNVJ Periode 2022–2026 Satria Yudhia Wijaya, SE, MSAk mengatakan, mekanisme pemungutan suara dilakukan langsung oleh anggota Senat dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang diwakili oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Dra. Dyah Ismayanti, M.ed.

Satria mengatakan Senat UPNVJ memiliki 65 persen suara, sedangkan Kementerian memiliki 35 persen suara. Jadi Senat memiliki 34 surat suara dan Kementerian memiliki 18 surat suara.

“Pemungutan suara ini molor satu minggu dari rencana karena menyesuaikan kesibukan Ditjen Dikti dalam mewawancarai calon rektor,” jelasnya.

Anter Venus dikenal sebagai pakar komunikasi di Indonesia yang mempelajari bidang Teori Komunikasi, Komunikasi Antar Etnis Nusantara, dan Manajemen Komunikasi Strategis.

Venus juga aktif dalam organisasi profesi sebagai anggota dewan pakar, baik di Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi (ISKI) maupun di Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Saat ini Venus menjadi koordinator forum Warek 1 Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat yang membawahi 36 PTN.

Senang!  Anter Venus Terpilih Menjadi Rektor UPNVJ Periode 2022-2026
Dr Dra. Venus lain, MA. (Humas UPNVJ)

Baca juga: UPN Veteran Jakarta Ajak Timor Leste Berkolaborasi dalam Teaching to Research

(WIL)

Leave a Reply

Your email address will not be published.