Tekno  

Studi Banding DPRD Cilacap ke Diskominfo Garut Terkait ICT

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Komisi A DPRD Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah melakukan kunjungan studi banding ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Jawa Barat terkait keberhasilan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang akan akan dilaksanakan di daerah.

“Kenapa kami datang ke Diskominfo Kabupaten Garut tentunya karena Dinas Komunikasi dan Informatika sudah membakukan tipe, Tipe A, karena ini apresiasi dan harus banyak belajar juga tentunya karena Cilacap saat ini masih Tipe C. ,” kata Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Cilacap, Mitra Patriasmoro saat berkunjung ke Kantor Diskominfo Garut, Senin (10/10/2022).

Ia mengatakan, kunjungan tersebut membahas beberapa topik, antara lain ICT, layanan internet dan pendirian menara telekomunikasi di Kabupaten Garut.

Diskominfo Kabupaten Garut, kata dia, akan menjadi contoh di Cilacap yang saat ini sedang mengupayakan agar standarisasi Pelayanan Komunikasi di Kabupaten Cilacap dapat meningkat menjadi Tipe B.

Menurutnya, Diskominfo Garut sudah luar biasa dengan adanya beberapa fasilitas salah satunya layanan CCTV publik yang bisa dilihat melalui smartphone, kemudian sudah memiliki Command Center sebagai pusat layanan komunikasi dan informasi yang terintegrasi.

“Sekarang di Kabupaten Garut layanan CCTV masyarakat sudah bisa melihat dengan menggunakan smartphone, bisa memantau daerah atau lokasi yang mungkin rawan atau sebagainya,” ujarnya.

Ia berharap beberapa hal yang telah dibahas dalam kunjungan tersebut dapat menjadi masukan khususnya bagi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap agar dapat lebih baik lagi.

“Kami akan sampaikan masukan dari teman-teman di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, semoga sinergi dan hubungan baik ini akan selalu terjalin dengan baik antara Kabupaten Garut dan Kabupaten Cilacap,” ujar Mitra.

Egga Mahesa Suardi, Kepala Bidang Statistik Diskominfo Garut, mengatakan salah satu tujuan kunjungan tersebut adalah proses perizinan menara telekomunikasi untuk mendukung ICT.

Disampaikannya Diskominfo Garut saat ini sedang bekerja agar seluruh masyarakat Garut dapat menikmati dan memiliki fasilitas pelayanan yang baik terkait jaringan telekomunikasi.

“Di Kabupaten Garut ke depan tidak akan ada daerah ‘blank spot’, karena regulasi terkait pendirian menara telekomunikasi yang diselenggarakan oleh provider, diharapkan bisa lebih mencakup seluruh wilayah Kabupaten Garut,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.