Tekno  

Syaikhu Kunjungi Korban Tragedi Kanjuruhan, PKS Tawarkan Beasiswa untuk Korban

TEMPO. BERSAMA, Jakarta – Presiden Partai Keadilan Sejahtera atau PKS Ahmad Syaikhu, berkunjung ke Malang, Jawa Timur untuk menemui para penyintas tragedi Kanjuruhan. Ia dan pengurus pusat PKS datang untuk mendengar cerita para korban tragedi sepak bola paling kelam di Indonesia.

Kunjungan tersebut dilakukan pada Minggu, 13 November 2022. Lokasi yang dikunjungi Syaikhu dan rombongan adalah Kecamatan Klojen, Malang.

Ahmad Syaikhu mengatakan, salah satu korban yang menceritakan kejadian di Kanjuruhan adalah seorang mahasiswa bernama Risky Dendy Nugroho.

Baca juga: Survei: Mayoritas Publik Ingin Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI, Disusul Najwa Shihab

“Risky mengatakan di RT tempatnya tinggal ada tujuh orang yang menonton pertandingan, hanya tiga yang kembali,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Tempo, Senin, 14 November 2022.

Mantan Wakil Wali Kota Bekasi itu juga mengatakan, PKS menawarkan beasiswa kepada Risky untuk belajar. “Silahkan kalau berminat bisa hubungi saya. Insya Allah biaya kuliahnya full,” kata Syaikhu.

Selain Risky, Syaikhu juga mendengar cerita dari keluarga korban lainnya di tempat tersebut. Ia meminta seluruh rombongan yang hadir untuk mendoakan para korban yang tidak selamat dari tragedi Kanjuruhan. “Semoga para korban yang meninggal termasuk ahlul jannah,” ujarnya.

Tragedi Kanjuruhan terjadi usai pertandingan sepak bola Liga 1 antara Arema Malang melawan Persebaya FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada 1 Oktober 2022. Usai pertandingan yang dimenangi tim tamu Persebaya itu, beberapa suporter turun ke lapangan untuk memberikan semangat. pemain dan ofisial.

Namun, hal ini mendorong aparat keamanan dari kepolisian untuk mengusir mereka. Kemudian kekacauan pun terjadi setelah aparat menembakkan gas air mata ke tribun penonton. Ribuan fans yang panik lalu menuju pintu keluar. Di pintu keluar inilah korban jatuh.

Sebanyak 135 orang tewas dalam peristiwa itu. Pemerintah kemudian membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta Independen yang diketahui Menko Polhukam Mahfud Md. Selain itu, Komnas HAM juga melakukan investigasi pelanggaran HAM dalam tragedi tersebut.

Kini polisi telah menetapkan 6 tersangka dalam tragedi Kanjuruhan. Mereka semua telah ditahan.

Baca juga: Korban Selamat Tragedi Kanjuruhan Alami Mata Berdarah

Leave a Reply

Your email address will not be published.