Tekno  

Taipan AS Ini Untung Rp 3,8 T Setelah Elon Musk Umumkan Jadi Beli Twitter

Taipan AS Carl Icahn meraup untung sekitar US$250 juta (Rp 3,8 triliun) setelah CEO Tesla Elon Musk mengumumkan akan membeli saham Twitter.

Bos Icahn Enterprises telah menginvestasikan sekitar $500 juta di Twitter dalam beberapa bulan terakhir, menurut sebuah laporan oleh The Wall Street Journal. “Dia membeli saat harga saham Twitter $30,” kata seorang sumber, dikutip Business Insider, Rabu (5/10).

Sumber The Wall Street Journal memperkirakan Carl Icahn membeli sekitar 14 juta saham atau hampir 2% dari bisnisnya.

Carl Icahn adalah seorang pengusaha dan dermawan Amerika. Pendiri Icahn Enterprises juga memimpin Federal-Mogul, pengembang AS, produsen, dan pemasok komponen powertrain dan produk keselamatan kendaraan.

Kekayaannya melonjak setelah Elon Musk setuju untuk membeli Twitter. Setelah pengumuman ini, harga saham perusahaan media sosial itu meroket 22% menjadi US$ 52 per saham kemarin (5/10).

Dengan asumsi Icahn belum menjual sahamnya di Twitter, maka nilainya diperkirakan US$ 750 juta atau untung 50% dalam beberapa bulan. Artinya, dia mendapat untung US$ 250 juta dari estimasi investasi US$ 500 juta.

Elon Musk mengajukan penawaran untuk membeli saham Twitter seharga $54,2 per saham pada bulan April. Orang terkaya di dunia, menurut Forbes, berencana membeli perusahaan itu dengan total nilai US$ 44 miliar.

Namun kemudian Elon Musk membatalkan rencana tersebut, salah satu alasannya karena Twitter dinilai tidak transparan soal jumlah akun spam dan bot.

Twitter kemudian menggugat pendiri SpaceX karena membatalkan kesepakatan. Selama periode ini, harga saham perusahaan turun.

Carl Icahn membeli saham Twitter saat harganya turun. “Dia ragu Elon Musk akan melanjutkan pertempuran di pengadilan, karena dia tampaknya akan kalah,” lapor The Wall Street Journal.

“Dia juga membatasi pembelian saham Twitter di level median US$ 30 per saham. Karena mereka merasa kerugiannya akan terbatas, ”kata laporan itu.

Dan sekarang, Elon Musk telah memutuskan untuk melanjutkan kesepakatan, membuat harga saham Twitter melonjak.

Icahn memang telah membuat beberapa taruhan menguntungkan pada saham teknologi selama bertahun-tahun, termasuk Apple dan Netflix.

Investor lain, termasuk DE Shaw Group dan Third Point LLC milik Daniel Loeb, dan investor top lainnya juga dikatakan bertaruh pada saham Twitter dalam beberapa pekan terakhir.

“Lonjakan harga saham Twitter membuat keuntungan mereka berlipat ganda,” kata seorang sumber di The Wall Street Journal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.