Tekno  

TelkomGroups Buka Isolasi Wilayah 3T, Anambas Kini ‘Signal Mandiri’

IDNNews.id, Batam – Sebagai bentuk mempersiapkan masyarakat agar lebih ‘melek’ teknologi di masa peralihan dari era analog ke era digital, TelkomGroups menempuh berbagai cara untuk membuka isolasi. Terutama di daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T) seperti di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ahmad Yani, Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas
Ahmad Yani, Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas

Mengingat, sejak tahun 2007 sulitnya berkomunikasi dan mengakses internet di daerah dinilai sangat sulit dan sulit. Apalagi jika musim angin utara sudah melanda daerah tersebut.

Kini, setelah dibangun menara komunikasi dan pemancar di beberapa wilayah di Anambas, tidak ditemukan lagi gangguan sinyal dan kesulitan berkomunikasi. Bahkan saat ini komunikasi menggunakan jaringan 4G sudah bisa dimaksimalkan oleh masyarakat.

Baca Juga Hujan diprediksi akan turun di sejumlah kota besar di Indonesia

“Alhamdulillah, atas kerja keras dan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah, Pusat bersama TelkomGrups, kini masyarakat merasakan layanan komunikasi secara maksimal. Dan jauh lebih maju dari beberapa tahun yang lalu. Bahkan, fiber optic di bawah laut pakai cincin palapa (Bakti, red) sudah ada di Anambas,” jelas Ahmad Yani, Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas saat berbincang santai dengan awak media, Selasa (15/11/2022).

Dengan adanya ‘Sinyal Kemerdekaan’ ini, lanjutnya, masyarakat di wilayah Anambas lebih sejahtera dan ‘melek’ teknologi, jaringan internet mudah dijangkau dan bebas dari sinyal blankspot. Dan ini secara tidak langsung bermuara pada kecerdasan bagi seluruh masyarakat Anambas dan peningkatan kesejahteraan.

Baca Juga Telkom Indonesia dan Indosat Ooredoo Berkolaborasi Percepat Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

“Anambas, ada 255 pulau. Dari jumlah tersebut, 27 pulau sudah dihuni oleh manusia. Hari ini belum terasa secara keseluruhan. namun manfaatnya sudah terasa di 3 pulau besar di Anambas. Antara lain Siantan, Jemaja dan Palmatak. Ini 4G,” jelasnya.

Selain dengan hadirnya layanan 4G ini, jelasnya lagi, kini masyarakat juga bisa mengakses layanan internet rumahan melalui Indihome secara maksimal.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terwujudnya layanan komunikasi mandiri sinyal ini. Dan ke depannya kami sangat berharap ada semacam pelatihan bagi UMKM, agar warga dapat memanfaatkan digitalisasi dalam menjual produknya secara online ,” dia berkata. (film)

Leave a Reply

Your email address will not be published.