Tekno  

Telkomsel Dukung Agenda Pemerintah di Digital Transformation Expo

Telkomsel mendukung komitmen pemerintah Indonesia dalam menyelenggarakan Digital Transformation Expo (DTE) yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI).

DTE merupakan bagian dari rangkaian Digital Economy Working Group (DEWG) pada momen acara Presidensi G20 Indonesia 2022 yang akan diselenggarakan pada 13-17 November 2022 di Bali. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pelaku bisnis dari bidang telekomunikasi, logistik, perdagangan elektronik, fintech, teknologi kesehatan, sampai edu-tech.

DTE diselenggarakan dengan fokus untuk menjadi tampilan kesiapan, pencapaian dan upaya Indonesia dalam mengakselerasi transformasi digital di berbagai sektor, serta untuk meningkatkan daya tarik investasi di sektor digital dalam negeri.

DTE juga akan membahas empat agenda utama, yaitu Digital Infrastructure, Digital Government, Digital Economy, dan Digital Society. Dengan mendorong kolaborasi antara pemerintah, industri, masyarakat, dan pemangku kepentingan terkait, Telkomsel yakin acara DTE dapat menjadi panggung bersama bagi Indonesia sebagai satu kesatuan yang terintegrasi.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, mengatakan Telkomsel berkomitmen mendukung program pemerintah dalam memastikan ketersediaan infrastruktur digital yang berkualitas dan merata, transformasi digital sistem pelayanan publik, penguatan ekonomi digital bangsa dan kesiapan SDM Indonesia berbakat digital yang berdedikasi. .

“Kami berharap seluruh rangkaian Presidensi G20 dapat memberikan dampak positif, terutama dalam membuka lebih banyak potensi kerjasama dan kemajuan guna mencapai solusi atas tiga isu prioritas G20 yang mencakup kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi yang mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia,” ujar Hendri yang juga hadir dalam pembukaan DTE di Bali, Minggu (13/11).

Untuk memastikan tersedianya infrastruktur digital berkualitas tinggi dan merata dengan teknologi canggih di seluruh tanah air, Telkomsel saat ini telah menggelar lebih dari 260.000 BTS yang sebagian besar telah didukung oleh teknologi. broadband terkini, 4G dan 5G.

Sejak awal tahun ini, Telkomsel telah melakukan proses tersebut upgrade Jaringan 3G ke 4G, guna menjamin pemerataan dan pemerataan akses broadband berkualitas di seluruh Indonesia. Selain itu, Telkomsel secara bertahap dan terukur terus mengembangkan jaringan dan layanan 5G di seluruh Indonesia, dengan terus membangun kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk memperkuat ekosistem penggunaan teknologi 5G yang lebih berdampak dan berkelanjutan.

Dalam mendukung digitalisasi penyelenggaraan layanan publik, Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise juga telah dipercaya secara luas oleh sejumlah instansi pemerintah dalam menyediakan solusi digital untuk transformasi layanan publik.

Sejumlah solusi digital terkemuka kini telah diterapkan untuk mendukung implementasi Pemerintah Cerdassalah satunya digunakan untuk membantu pemerintah dalam menganalisis dan merangkum semua tanggapan dari masyarakat secara lebih akurat, melalui grafik yang komprehensif.

Kemudian, ada juga solusi dalam mengoptimalkan implementasi Lingkungan Cerdasseperti melalui layanan yang dapat menampilkan tingkat polusi di setiap area dengan informasi terupdate dalam hitungan jam.

Hendri menambahkan, Telkomsel juga konsisten mendukung digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjadi salah satu pilar ekonomi digital bangsa. Melalui 99 persen layanan Usahaku, a platform atau aplikasi untuk membantu UMKM agar lebih efisien, maju, dan berkembang dengan solusi digital yang ditawarkan baik oleh Telkomsel maupun mitra Telkomsel yang terdaftar di aplikasi tersebut. Platform ini menghubungkan seluruh UMKM dalam ekosistem bisnis digital yang terintegrasi.

Adapun untuk turut memperkuat ekosistem komunitas digital Indonesia, Telkomsel memiliki sejumlah program yang fokus pada pengembangan kapabilitas digital SDM Indonesia.

Mulai dari IndonesiaNEXT yang selama ini menjadi fokus pengembangan bakat teknologi untuk mendorong lebih banyak kehadiran technopreneur yang mempunyai kerangka berpikir dan kompetensi di industri digital. Kemudian, melalui program NextDEV yang konsisten dengan prosesnya menemukan dan menginkubasi startup tahap awalserta akselerasi untuk mendapatkan potensi dana benih lebih lanjut melalui program TINC (Telkomsel Innovation Center).

Selain itu, ada pula program InternetBAIK yang dihadirkan untuk membangun kesadaran penggunaan internet yang positif dan produktif. Hal ini dilakukan melalui upaya peningkatan pemahaman orang tua dan pendidik, dalam mendampingi tumbuh kembang anak guna mengantisipasi perkembangan dampak internet yang lebih luas.

Sebelumnya, pada seri DEWG ke-4 di bulan Agustus 2022, Telkomsel menghadirkan sejumlah pajangan pemanfaatan teknologi 5G yang meliputi teknologi Game Awan, Industri Augmented Reality (AR)., Realitas Virtual (VR)dan Robot Kecerdasan Buatan (AI)..

“Seluruh seri pajangan 5G merupakan bagian dari upaya Telkomsel untuk membuka lebih luas potensi Indonesia dalam meningkatkan kepercayaan global, khususnya dari seluruh negara anggota G20 untuk menjalin kerja sama di berbagai sektor, serta meningkatkan nilai investasi yang lebih besar, sehingga mendukung Indonesia menjadi pusat investasi ekonomi digital. di kawasan Asia Tenggara ke depan,” pungkas Hendri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.