Tekno  

Terjerat kasus doping, winger asal Arab Saudi itu dicoret dari skuad Piala Dunia 2022 Qatar

TEMPO. BERSAMA, Jakartafederasi sepakbola Arab Saudi mencoret salah satu pemain sayapnya, Fahad Al-Muwallad, dari skuad Piala Dunia 2022 Qatar pada Minggu, 13 November 2022. Hasil tes doping pemain berusia 28 tahun itu dinyatakan gagal. Ia diketahui menggunakan obat terlarang furosemide.

“Setelah meninjau perkembangan terbaru dalam banding WADA dan setelah berkonsultasi dengan pengacara Saudipelatih Herve Renard memutuskan untuk mengecualikan Al-Muwallad sebagai tindakan pencegahan,” tulis Tim Arab Saudi di Twitter-nya. Bintang Olahraga.

Pemain yang saat ini bermain untuk klub Saudi Al-Shabab diskors selama 18 bulan oleh otoritas anti-doping Arab Saudi. Namun, menurut laporan media Arab Saudi, sanksi tersebut dikurangi agar Al-Muwallad bisa memperkuat Arab Saudi di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Mempertimbangkan saran dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) dan aspek “tindakan pencegahan”, Federasi Sepak Bola Arab Saudi akhirnya mengambil keputusan untuk mengeluarkan Al-Muwallad. Sebagai pengganti Al-Muwallad, pelatih Arab Saudi, Herve Renard, memanggil Nawaf Al-Abed.

Ironisnya, pemain pengganti berusia 32 tahun itu juga pernah terjerat kasus doping pada 2019 lalu. Bein Sport. Meski begitu, mantan pemain sepak bola Arab Saudi, Sami Al-Jaber, tetap mendukung Al-Abed setelah pengumuman itu dilakukan. Dia juga berterima kasih kepada Al-Muwallad atas usahanya.

“Nawaf Al-Abed adalah salah satu talenta terbesar. Itu diwariskan dalam sepak bola Saudi. Nasib ingin kami tidak menikmatinya di Piala Dunia 2018 karena cedera, dan kami senang bisa kembali ke skuad Piala Dunia 2022. Keadilan yang luar biasa, dan kami bertaruh pada pengalaman dan kemampuannya,” tulis Al-Jaber di akun Twitternya.

Jadi bagaimana berbaris Skuad Timnas Arab Saudi Terbaru untuk Piala Dunia 2022 di Qatar yang berlangsung 20 November hingga 18 Desember 2022? Berikut urutannya pemain Arab Saudi terbaru, seperti dilansir dari Berita Doha:

Kiper : Muhammad Al-Owais (Al-Hilal), Muhammad Al-Yami (Al-Ahly), Nawaf Al-Aqidi (Al-Nasr).

Pertahanan : Sultan Al-Ghannam, Abdullah Al-Omari, Abdullah Mado (Al-Nasr), Muhammad Al-Buraik, Ali Al-Bulayhi, Saud Abdul-Hamid dan Yasser Al-Shahrani (Al-Hilal), Hassan Al-Tumktur (Al Shabab ).

Gelandang : Salman Al-Faraj, Salem Al-Dosari, Muhammad Kanno, Nasser Al-Dosari, Abdullah Atif, Abdullah Al-Maliki (Al-Hilal), Abdul Rahman Al-Aboud (Al-Ittihad), Sami Al-Naji and Ali Al- Hassan (Al-Nasr), Hattan Bahbari (Al-Shabab), Riyad Sharahili (Abha), Nawaf Al-Abed (Al-Shabab)

Penyerang : Saleh Al-Shehri (Al-Hilal), Firas Al-Buraikan (Al-Fateh), Haitham Asiri (Al-Ahly)

Haris Setyawan

Baca juga: Pemain Piala Dunia Dites Doping Sebelum Pembukaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.