Tekno  

Tim Sepak Bola Solna Jateng Putri Raih Emas di Thailand

Tim sepak bola Special Olympics Indonesia (SOIna) putri Jawa Tengah sukses mengharumkan nama Indonesia. Pasalnya, mereka meraih emas di Special Olympics Unified South East Asia Football Cup 2022 di Thailand pada 12-16 November 2022.

Sebelumnya, tim perwakilan Indonesia juga telah meminta restu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebelum berangkat, pada Jumat, 11 November 2022.

Mereka menunjukkan piala tersebut ke rumah dinas Gubernur di Kota Semarang, Kamis, 17 November 2022. Saat itu, tim ditemui Siti Atikoh Ganjar Pranowo. Ekspresi kegembiraan setelah meraih prestasi bergengsi terlihat jelas di mata tim sepak bola Jawa Tengah. Sambutan Siti Atikoh di tim Jateng pun membuat suasana semakin hangat.

Siti Atikoh Ganjar Pranowo mengaku bangga dengan prestasi tim sepak bola Soina Jateng. Sebab, prestasi ini bisa menjadi motivasi tersendiri. Baik untuk tim, maupun masyarakat pada umumnya. Sebab, mereka mencapai prestasi yang maksimal tanpa memandang keterbatasan.

“Adik-adik yang baru pulang dari Thailand, mengikuti event sepak bola Special Olympics, akhirnya dapat medali emas. Dan yang lebih keren lagi, mereka tidak mencetak gol sama sekali. lembar bersih. Sangat keren. Mudah-mudahan ini bisa memotivasi dan kita juga bisa lebih menjaga pemerataan (equality) yang bisa digaungkan terus menerus,” ujar Atikoh bangga.

Dalam kesempatan itu, Atikoh menyapa anggota tim satu per satu. Bahkan, selain mengucapkan selamat atas pencapaiannya, juga memberikan semangat kepada tim, untuk terus bisa meraih yang terbaik di masa mendatang. Apalagi untuk bisa kembali mengharumkan nama Jateng di kancah Internasional.

Ketua Delegasi Tim SOIna Jateng, Dr Halida Wibawaty mengatakan, dalam turnamen sepak bola Asean, tim putri Indonesia yang diwakili Jateng meraih emas.

“Di turnamen sepak bola Asean, ya laki-laki dan perempuan. Indonesia diwakili Jawa Tengah, dengan perempuan. Dan laki-laki dari Jawa Barat. Alhamdulillah perempuan meraih emas dan alhamdulillah kami tidak pernah mencetak gol. Kami mencetak gol. Menang 4- 0, 5-0, 8-0 dan 7-0,” kata Halida mewakili tim di rumah dinas Gubernur.

Ia juga mengatakan, tim sepak bola putra dari Indonesia diwakili oleh Jawa Barat. Tak hanya putri, tim putra Indonesia juga meraih prestasi mentereng. “Jawa Barat Alhamdulillah dapat perunggu,” jelasnya bangga.

Halida mengungkapkan, kunci kemenangan tim Jateng melawan tim negara lain adalah permainan para pemain yang bekerja sama. Jadi, tidak ada kesan individual di setiap permainan. Itulah kunci kemenangan tim.

“Saya melihat mereka bermain imbang antara mitra dengan atlet. Jadi tidak individual. Jadi berbeda dengan negara lain. Di mana mitra itu dominan. tapi di Indonesia tidak. Jadi kemampuan mereka sama. Jadi sungguh permainan adil dan enak dilihat. Karena dribblingnya luar biasa. Kerjasamanya juga luar biasa. Tidak ada yang dominan sama sekali. Bahkan. Semua baik-baik saja,” tambahnya.

Dalam kompetisi itu, tim Jateng diperkuat delapan atlet yang tergabung dalam Thailand. Terdiri dari lima atlet berkebutuhan khusus dan tiga atlet mitra. Mereka adalah tim yang berhasil meraih medali emas di ajang Pesonas 2022.

Menurutnya, tim Jateng beberapa kali juara, seperti saat di India, juga di Malaysia, tim Jateng juara. “Jadi kami sudah menang tiga atau empat kali,” kata Halida.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah memberikan restu kepada tim dan menerima kedatangan mereka sebelum berangkat ke Thailand. Ternyata, restu Ganjar mampu menjadi semangat mereka untuk meraih yang terbaik.

“Apa yang diberikan besok akan menjadi catatan sejarah bagi Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Merah putih akan berkibar di sana,” kata Ganjar sambil menyemangati para atlet saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.