Tekno  

Timnas AS Pasang Logo LGBTQ di Piala Dunia FIFA Qatar 2022 Apa Konsekuensinya?

TAGAR.id, Jakarta – Tim Sepak Bola Nasional Pria Amerika Serikat (USMNT – Tim Nasional Putra Amerika Serikat) mengirimkan pesan solidaritas kepada komunitas LGTBQ+ dengan mendekorasi lambang tim dengan warna pelangi di Piala Dunia FIFA Qatar 2022 di fasilitas pelatihan Qatar.

Logo Sepak Bola AS adalah perisai dengan tujuh garis merah vertikal dengan latar belakang putih, melambangkan bendera negara.

Pada Senin, 14 November 2022, garis merah lambang diganti dengan warna pelangi di Stadion Ahmad Bin Ali di kota Al Rayyan, dekat Doha, tempat USMNT mengadakan sesi latihannya.

Menurut beberapa laporan media, tim menghiasi stadion dan ruang pers dengan lambang USMNT x LGTBQ.

warga di logo piala dunia QatarPengunjung berfoto dengan tanda Piala Dunia FIFA di Doha, Ibukota Qatar, 23 Oktober 2022, jelang turnamen sepak bola Piala Dunia FIFA Qatar 2022. (Foto: voaindonesia.com/Jewel SAMD/AFP)

Tim akan mempertahankan warna tradisional merah, putih, dan biru pada kausnya selama Piala Dunia, tetapi akan terus menghiasi stadion latihannya dengan logo berwarna pelangi.

Gregg Berhalter menentang homofobia

Beberapa tim dan pemain dari negara peserta Piala Dunia telah menyatakan solidaritasnya dengan komunitas LGTBQ (lesbian, gay, transgender, biseksual, queer).

“Ketika kita berada di panggung dunia dan ketika kita berada di tempat seperti Qatar, penting untuk menyadarkan masalah ini dan itulah inti dari ‘Jadilah Perubahan’,” kata pelatih kepala USMNT Gregg Berhalter. “Bukan hanya Amerika Serikat yang ingin kami perhatikan dalam masalah sosial, tetapi juga di luar negeri. Kami menyadari bahwa Qatar telah membuat kemajuan dan ada banyak kemajuan, namun masih ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan.”

Pekan lalu, duta Piala Dunia Qatar dan mantan pemain internasional Khalid Salman, menyebut homoseksualitas sebagai “cacat mental” dalam sebuah wawancara dengan Saluran Kedua Televisi Publik Jerman (ZDF).

Penyelenggara Piala Dunia mengklaim bahwa setiap orang, terlepas dari latar belakang atau orientasi seksual mereka, diterima di Qatar, sementara pada saat yang sama memperingatkan terhadap tampilan kasih sayang di depan umum.

Namun, kecil kemungkinan USMNT akan menghadapi konsekuensi apa pun karena menampilkan warna pelangi pada puncaknya.

UMSNT memulai pertandingan Piala Dunia melawan Wales pada 21 November 2022. Di grup tersebut ada Inggris dan Iran. (marca.com). []

Leave a Reply

Your email address will not be published.