Tekno  

Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Peringkat 22 Piala Dunia, DPR: We Are Proud

Keikutsertaan dalam piala dunia ini menempatkan Indonesia di peringkat 22 dari total 55 negara

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Tim sepak bola amputasi Indonesia telah menyelesaikan perebutan Piala Dunia Sepak Bola Amputasi Dunia 2022 yang akan digelar di Turki pada 1-9 Oktober 2022.

Keikutsertaan dalam piala dunia ini menempatkan Indonesia di peringkat ke-22 dari total 55 negara anggota Federasi Sepak Bola Dunia.

“Meski belum mencapai posisi juara dari perjuangan panjang, kamu luar biasa. Kamu hebat. Kami bangga padamu,” kata anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah di Jakarta, Senin (10/10/ 2022).

Arif Wibowo Resmi Pimpin Garuda Indonesia

Sekretaris Fraksi PKS DPR RI yang menyempatkan diri hadir untuk mendukung pertandingan Piala Dunia antara Indonesia melawan Argentina, Inggris dan Amerika, memang memahami perjuangan keras dan panjang tim yang dikomandoi Aditya cs. dan dilatih oleh Bayu Guntoro.

“Di awal-awal pertandingan mereka yang diamputasi tim nasional sepakbola tidak terlalu memperhatikan. Mereka masih kesulitan mencari sponsor, mereka tertatih-tatih dengan keterbatasan fasilitas dan anggaran untuk latihan bahkan sebelum berangkat ke Bangladesh, mereka masih harus mencari dana untuk membeli tiket.” kata Ledia

Namun semua keterbatasan tersebut tidak menyurutkan semangat dan profesionalisme mereka agar bisa lolos ke babak penyisihan zona Asia.

Setelah mengalahkan Malaysia dan Bangladesh di Bangladesh pada Juni lalu, Indonesia menjadi wakil Asia bersama Jepang, Uzbekistan, Iran dan Irak serta menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di pentas Piala Dunia Sepak Bola Amputasi.

Dalam kualifikasi piala dunia, Indonesia harus bertarung di Grup C melawan Argentina, Inggris, dan Amerika Serikat.

Kalah di penyisihan grup, Indonesia hanya mampu mengalahkan Jerman di babak penyisihan.

Dalam World Amputee Football Cup yang telah diselenggarakan sejak tahun 1984 dan terakhir diadakan di Mexico pada tahun 2018, peserta pendatang baru dalam piala dunia ini adalah 2 negara yaitu: Indonesia dan Irak.

Olahraga disabilitas di Indonesia masih kurang mendapat perhatian meski memiliki berbagai prestasi.

“Olahraga penyandang disabilitas sebenarnya menorehkan cukup banyak prestasi secara konsisten. Timnas Indonesia dari Persatuan Olahraga Tuna Rungu Indonesia (Porturin) misalnya, juga menorehkan prestasi di Kejuaraan Bulu Tangkis Tuna Rungu Asia Pasifik 2022 dengan meraih 2 emas di Thailand. Kita patut berbangga dan bersyukur atas prestasi para atlet penyandang disabilitas.” kata Ledia

Oleh karena itu, mantan ketua panitia kerja RUU Disabilitas ini mendorong pemerintah untuk meningkatkan perhatian dan dukungannya terhadap olahraga penyandang disabilitas.

“Perhatian dan dukungan terhadap sarana dan prasarana olahraga dan atlet penyandang disabilitas harus ditingkatkan, apalagi dengan olahraga yang memiliki induk di tingkat dunia. Dengan begitu mereka bisa lebih fokus berlatih dan memberikan upaya terbaiknya untuk mengharumkan nama bangsa,” dia menyimpulkan.

Wah, setelah RUPS 6 Direksi Garuda diberhentikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.