Tekno  

Tokopedia Dorong Digitalisasi dan Bantu UMKM Wanita Yogyakarta Dapatkan Nomor Registrasi Usaha

Tribunjogjs.com – Dengan semangat #SelaluAdaSelalubisa Tokopedia terus berkomitmen memberikan pendampingan dan bekal untuk pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan melalui berbagai topik.

Guna memberikan panggung seluas-luasnya bagi para pelaku UMKM perempuan, kali ini Tokopedia menggelar rangkaian acara “Yogyakarta Digital Advanced Women’s Class: Roles, Challenges and Opportunities for National Economic Growth” dan “Beginner’s Digital Advanced Class & Facilitation OSS NIB Yogyakarta” .

Melalui diskusi publik yang diadakan pada 11 Oktober 2022 di Royal Malioboro ASTON, Tokopedia bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta, dan UPRINTIS Indonesia memfasilitasi UMKM Kota Yogyakarta menggunakan aplikasi Tokopedia sebagai teknologi digital untuk mengembangkan kegiatan bisnis secara optimal di tengah pandemi.

“Diskusi publik ini merupakan upaya Tokopedia mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar, khususnya penguatan wirausaha perempuan agar tetap optimis mengembangkan kompetensi di bidang digital marketing untuk memperluas dan meningkatkan bisnis para pelaku UMKM,” ujar Kepala Divisi Hubungan Pemerintahan dan Kebijakan Publik Tokopedia, Emiryzan via Tribunjogja. com.

Baca juga: Hari Pangan Sedunia, Tokopedia Salurkan Ribuan Paket Sembako

Selain membantu UMKM pemula untuk memiliki toko online di Tokopedia, melalui semangat Lokal Who Wins, Tokopedia juga memfasilitasi pembuatan Nomor Induk Usaha (NIB) bagi para pelaku UMKM Yogyakarta.

“Dengan menggandeng Garda Transfumi (Transformasi Formal Usaha Mikro), Tokopedia memberikan bantuan kepada merchant-merchant UMKM Tokopedia di kota Yogyakarta agar dapat mengantongi NIB melalui sistem Online Single Submission (OSS). Hal ini memudahkan para pelaku UMKM untuk mendapatkan program bantuan dari pemerintah dan mendapatkan perlindungan hukum bagi pelaku usaha,” tambah Emiryzan.

“Kami berharap kerjasama ini dapat mendorong pemulihan ekonomi daerah melalui pemberdayaan UMKM di Yogyakarta dalam mengembangkan usaha dengan menggunakan teknologi. Sehingga perekonomian DIY dapat terus tumbuh dan bangkit kembali meski sempat terkena dampak pandemi,” ujar Kepala Dinas DIY tersebut. Dinas Koperasi & UKM, Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA yang turut hadir dalam acara “Beginner Digital Advanced Class & OSS NIB Yogyakarta Facilitation” di Griya UMKM Yogyakarta (12/10/2022).

Tokopedia juga gencar menghadirkan berbagai program melalui inisiatif hyperlocal untuk memudahkan para penjual.

Dengan teknologi geo-tagging yang bertujuan untuk mendekatkan penjual dengan pembeli lokal sehingga UMKM di seluruh Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang.

Gencarnya kampanye yang bersumber dari inisiatif hyperlocal juga telah mendorong pertumbuhan jumlah penjual wanita di Tokopedia hampir dua kali lipat selama semester pertama 2022 dibandingkan periode yang sama tahun 2021. (Tribujogja.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.