Tekno  

Toyota Vios Baru Diluncurkan, Tidak Lagi Diproduksi di Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia

Generasi keempat Toyota Vios diluncurkan di Indonesia pada Rabu (12/10). Unit yang dijual di sini bukan diproduksi di dalam negeri, melainkan didatangkan dari Thailand.

Vios dirancang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) baru. Model ini diluncurkan di Thailand bulan lalu dengan nama Yaris Ativ.

Vios di Indonesia dijual dalam tiga varian yaitu EM/T yang dijual dengan harga Rp. 314,9 juta, G CVT Rp. 355,2 juta dan G CVT TSS Rp. 368,4 juta.

Dibandingkan model sebelumnya, Vios kini hanya memiliki satu pilihan varian manual 5 percepatan, transmisi otomatis diganti CVT dan harga termurah di atas Rp 300 jutaan.

Semua varian menggunakan mesin bensin Euro 4 dengan spesifikasi 2NR-VE 1.496 cc yang menghasilkan tenaga 138 hp dan torsi 138 Nm. Rasio kompresi mesin adalah 11.5:1, jadi sebaiknya menggunakan Pertamax atau Pertamax Turbo yang direkomendasikan oleh Pertamina sebagai bahan bakar Euro 4.

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi menjelaskan mesin pada model baru ini menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dari sebelumnya, yakni mampu menembus 20 km per liter.

Menurut penjelasan Anton saat peluncuran, jarak roda Vios sekarang 70 mm lebih panjang menjadi 2.620 mm yang lalu tanah izin-itu juga meningkat menjadi 160 mm.

Dimensi keseluruhan diperbesar menjadi panjang 4,41 meter, lebar 1,74 meter, dan tinggi 1,48 meter.

Sedan berpenggerak roda depan ini kini memiliki radius putar 5,2 meter untuk varian CVT, sedangkan varian manual lebih sempit yakni 4,8 meter.

Varian CVT juga dilengkapi dengan rem cakram di roda belakang dan rem parkir elektronik, sedangkan manual masih menggunakan drum dan tuas rem parkir.

Ukuran pelek varian CVT 17 inci dengan ban 205/50, sedangkan manual 16 inci dengan ban 195/60.

Wajah Vios benar-benar berubah dari sebelumnya, termasuk desain kombinasi lampu depan LED dan daytime running lights (DRL) serta lampu belakang LED dengan lampu sein. sekuensial.

Ukuran kap mobil ini juga lebih panjang dari sebelumnya, sedangkan buritan terasa pendek.

Di kabin jok interior dibuat serba hitam. Pada varian CVT dilengkapi dengan kluster instrumen Tersedia pilihan drive 7 inci, ECO dan Power Drive, layar monitor 9 inci mengapungkamera parkir, dan roda kemudi dapat bergerak naik turun maju mundur.

Semua varian mendapatkan Pemurni air untuk memurnikan udara.

Fitur Toyota Safety Sense yang tersedia untuk varian tertinggi G CVT TSS adalah adaptif cruise control, pre-collision warning dan pre-collision braking, front departure alert, lane departure warning dan lane departure prevention, pedal misoperation control, dan automatic high beam.

Selain itu juga terdapat 6 SRS airbag, brake assist, blind spot monitoring, traction control, rear cross-traffic alert, hill start assist dan vehicle stability control.

Vios telah diluncurkan di Indonesia sejak tahun 2003 dan hingga saat ini telah terjual lebih dari 130 ribu unit.

Meski sudah tidak diproduksi lagi di Indonesia, TAM yakin generasi baru Vios akan mampu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar sedan kecil yang bersaing dengan Honda City.

Anton menjelaskan, penjualan Vios tahun ini menurun, ia menyebut hal itu karena ‘masa habis’, yang bisa jadi terkait dengan proses penghentian produksi di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat.

Anton menjelaskan, generasi keempat Vios sudah bisa dipesan sekarang.

“Sebenarnya pengiriman sudah mulai bulan ini, hari ini SPK sudah bisa dilakukan dan mungkin Oktober sudah bisa mulai kirim ke dealer dan jual ke konsumen,” ujarnya.

(fea)

[Gambas:Video CNN]


Leave a Reply

Your email address will not be published.