Tekno  

Tragedi Kanjuruhan, Delegasi FIFA Telah Tiba di Indonesia dan Berkantor di PSSI

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Delegasi FIFA datang ke Indonesia untuk membantu memajukan sepak bola Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Ahmad Riyadh mengatakan, delegasi FIFA telah tiba di Indonesia, Senin (10/10/2022).

Wakil federasi sepak bola dunia itu bahkan dikabarkan sudah bergabung di kantor PSSI.

Tidak hanya mengirimkan delegasinya, menurut Ahmad Riyadh, Presiden FIFA Gianni Infantino juga akan datang ke Indonesia.

“Mulai kemarin FIFA sudah datang, sebentar lagi kita gabung di kantor PSSI, jam 4 kita rapat sampai puncaknya Presiden FIFA datang tanggal 18 dan 19,” kata Ahmad Riyadh di Kantor Kemenko. Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Selasa (11/10/2022) .

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang telah mengumumkan bahwa pemerintah, PSSI, dan FIFA akan berkolaborasi.

Kerjasama ini akan diwujudkan dengan membentuk Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia, sebagai percepatan tindak lanjut peristiwa Kanjuruhan.

“FIFA bersama pemerintah akan membentuk Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia. Dan FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses ini,” kata Jokowi, Jumat lalu.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia akan langsung bekerja setelah menggelar pertemuan pertama.

“Tentu setelah bertemu dengan FIFA dan Pemerintah, PSSI akan langsung bekerja,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, melansir laman resmi PSSI, Minggu (9/10/2022).

“Intruksi presiden tentang stadion yang tidak layak untuk menggelar kompetisi juga menjadi perhatian kami,” imbuh Iriawan.

Beberapa poin yang akan menjadi hasil kerja Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia antara lain:

1. membangun standar keamanan stadion di seluruh stadion di Indonesia;

2. merumuskan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional;

3. melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub sepak bola di Indonesia termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama;

Baca juga: Liga 1: Dampak Tragedi Kanjuruhan, Pertandingan Persib vs Persija Tidak Akan Digelar Malam Hari

4. menyusun jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi risiko yang ada; sebaik

5. menghadirkan bantuan dari para ahli di bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.