Tekno  

Tragedi Kanjuruhan, Pengamat Sebut Indonesia Kurang Edukasi Regulasi Sepak Bola

Salah satu edukasinya adalah harus ada regulasi atau aturan yang disampaikan baik melalui sarana media, himbauan di stadion, maupun menggunakan aplikasi khusus.

“Digitasi dalam sepakbola belum kita jalankan dalam bentuk online ticketing. Berkaca pada perkeretaapian kita dulu dan sekarang, bisa kita tingkatkan karena kita menerapkan regulasi baru di mana masing-masing stasiun berada,” ujarnya.

Diakuinya, meski analoginya jauh, namun sistem tersebut bisa sedikit membantu sistem sepakbola di negeri ini menjadi lebih baik dengan sistem digitalisasi.

“Digitalisasi KAI sekarang jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu. Cukup klik online untuk mendapatkan tempat duduk di kereta dan KAI bisa mendeteksi siapa pembeli tiketnya mulai dari nama dan alamatnya,” ujarnya.

Tak hanya itu, Sony juga mengatakan bahwa digitalisasi dapat memudahkan mereka yang menjadi provokator dalam setiap kejadian di stadion hanya melalui jumlah kursi yang terisi.

“Digitalisasi ini memudahkan untuk mendapatkan tiket. Jika ada oknum pendukung yang bertindak, datanya akan terdeteksi sebelum yang lain mengikuti aksinya,” ujarnya.

Sony melanjutkan, selain sistem digitalisasi, harus ada perombakan infrastruktur stadion yang lebih baik, seperti bangku, akses evakuasi dan lain-lain yang menjadi standar sepakbola di negeri ini.

“Digitalisasi, infrastruktur stadion yang layak, ticketing, dan keamanan seperti jalur evakuasi dan area darurat. Dulu ada yang buat sistem ini, tapi stadionnya tidak memenuhi syarat jadi mungkin akan berhenti,” katanya.

Sony berharap evaluasi yang dilakukan dimulai dengan pembenahan infrastruktur stadion yang membutuhkan stadion dengan ‘single seat’, dilanjutkan dengan edukasi, dan melengkapi infrastruktur stadion dengan jalur darurat jika terjadi keadaan darurat di lapangan sepak bola.

“Mendidik pendukung melalui aplikasi dengan melampirkan peraturan yang harus mereka patuhi. Sediakan bangku untuk mendukung digitalisasi tadi, dan jalur darurat,” kata Sony.

Sementara itu, ia meminta seluruh Panpel juga memberikan edukasi dengan membuat poster di pintu masuk atau di stadion tentang apa yang harus dilakukan di dalam stadion. Menurut Sony, hal ini akan meminimalisir insiden seperti di Malang.

“Poin-poin di atas penting untuk meningkatkan sepakbola menjadi lebih baik. Sekaligus mengantisipasi jatuhnya korban di stadion,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.