Tekno  

Turnamen Bola Yoka Cup VII Resmi Bergulir Dibuka Wakil I DPRP Yunus Wonda – Paraparatv

Paraparatv.id | Jayapura | Sebanyak 43 tim sepak bola dari seluruh Kota dan Kabupaten Jayapura mengikuti Turnamen Sepak Bola Yoka Cup VII yang dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua DPRP DPRP Provinsi Papua Yunus Wonda Minggu 13 November 2022.

Sebanyak 43 tim yang terdiri dari klub sepak bola amatir terlibat dalam upacara pembukaan Turnamen Sepak Bola Terbuka VII Yoka 2022 yang dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Hebaebhulu Yoka.

Yunus Wonda Wakil Ketua DPRP DPRP Papua saat membuka turnamen Yoka Cup VII berharap Turnamen Sepak Bola Yoka Cup VII menghasilkan regenerasi pemain sepak bola yang baik untuk membentuk kekuatan sepak bola yang baik, sehingga sepak bola Piala Yoka Acara tersebut akan menjadi ajang pemilihan bibit. mudahnya mengisi klub sepak bola profesional di tanah air, salah satunya adalah Persipura Jayapura.

Foto bersama Yunus Wonda Wakil Ketua DPRP DPRP Provinsi Papua bersama istri dan panitia 7th Yoka Cup 2022

“Mau tidak mau, kita sadar harus ada regenerasi, kita harus melihat dan mengajak anak-anak yang memiliki potensi di desa karena memiliki stamina alami,” kata Wakil Ketua I DPRP Yunus Wonda saat membuka turnamen sepak bola Yoka Cup VII, Minggu. (13//11/2022).

Yunus Wonda selaku Ketua Dewan dan Wakil Ketua Koni Provinsi Papua berpesan, “Potensi atlet sepak bola, bola voli dan cabang olahraga lain yang rutin diadakan di kampung-kampung perlu dilirik untuk mengisi slot kosong atlet menuju ke PON Sumatera 2024 mendatang.
“Jadi kita tidak lagi membeli atlet dari luar sehingga kita sudah bisa melahirkan atlet dan stok atlet di ajang tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Desa Yoka, Anthonius D. Mebri mengungkapkan Turnamen Yoka Cup VII menjadi momen penting, dimana beberapa event sepak bola nasional seperti Liga I diliburkan agar para pemain di berbagai klub bisa bermain. luangkan waktu untuk menjaga kebugaran melalui Turnamen. Sepakbola Yoka Cup, khususnya tim seperti Persipura yang semua pemainnya sedang berlibur.

“Ini adalah tempat untuk pemanasan dan menjaga kebugaran tubuh dari jeda kompetisi, sehingga turnamen ini rutin kami adakan,” ujarnya.

Sebagai pemain reguler turnamen, Anthonius menyatakan bahwa ini adalah ajang mencari pemain sepak bola Papua yang bagus agar Persipura bisa kembali kasta tertinggi sepak bola dan tidak lagi terpuruk.

Ondofolo Kampung Hebaebhulu Yoka Riky David Mebri mengatakan Turnamen Sepak Bola Yoka Cup VII memiliki arti penting dalam sejarah sepak bola di tanah Papua, beberapa nama besar telah lahir dari lapangan Yoka sehingga perlu didukung dengan diadakannya turnamen yang rutin digulirkan setiap tahun.

“Mengapa saya katakan penting, nama-nama besar di sepak bola Papua telah lahir dari lapangan ini sehingga turnamen ini menjadi batu loncatan untuk melahirkan pemain-pemain baru,” ujarnya.

Turnamen sepakbola Yoka Cup VII diikuti oleh 43 tim sepakbola di Kota dan Kabupaten Jayapura. Berlangsung di dua lapangan berbeda, yakni Lapangan Sepak Bola Yoka dan Lapangan Bola Mahacandra Uncen Waena. Memperebutkan total hadiah sebagai berikut: juara 1, piala bergilir dan piala tetap serta uang pembinaan sebesar Rp. 20 juta, Juara 2 Rp. 15 juta, Juara 3 Rp. 10 juta dan juara pertama Rp. 5 juta. (NAM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.