Tekno  

Universitas Inggris dan Australia Jadikan Kampus di Kota Bandung, September 2024 Beroperasi

MANGUPURA, NusaBali.com – Dua perguruan tinggi, Lancaster University dan Deakin University, telah memastikan akan segera membangun kampus di Bandung, Jawa Barat. Kepastian kerja sama dengan Pemprov Jabar ditegaskan dalam pertemuan di Legian, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022) siang.

“Saya menyampaikan kabar gembira. Dua universitas asal Inggris dan Australia yang memiliki sejarah di dunia pendidikan, pada momen G20 ini siap membuka kampus di Jawa Barat. Bentuk kerjasamanya adalah joint university,” Gubernur Jabar Ridwan Kamil ujar usai bertemu di The Stone Legian.

Ridwan Kamil menyebut kehadiran dua universitas ternama ini sebagai jawaban atas prediksi Indonesia menjadi negara adidaya pada 2045.

“Pada tahun 2045 Indonesia adalah negara adikuasa. Jadi, sumber daya manusia harus siap. Modal manusia harus membuat lompatan dan batas. Dengan hadirnya dua universitas unggulan ini, cita-cita menjadi negara adidaya akan terwujud,” ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Lancaster University dan Deakin University diharapkan dapat menghasilkan mahasiswa yang produktif, kompetitif dan cerdas. “Dengan demikian, impian Negara Indonesia menjadi negara adidaya dapat tercapai dalam 23 hingga 25 tahun mendatang,” ujar sosok yang namanya selalu berada di daftar teratas survei calon presiden RI 2024 itu.

Ridwan Kamil juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas pengurusan izin sesuai ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Omnibus Law), sehingga saat ini hanya proses tetap. melaksanakan dimulainya pembangunan.

“Anak-anak Indonesia yang ingin pendidikan global, silakan datang,” kata Ridwan Kamil.

Namun pengoperasian kampus ini masih harus menunggu proses pembangunan.

“Kalau berjalan lancar, pembangunan akan selesai pada September 2024 atau dua bulan sebelum pemilihan Gubernur Jabar,” canda Ridwan Kamil.

Untuk tahap awal, kampus tersebut, kata Ridwan Kamil, akan didirikan di Kota Bandung. Namun ke depannya, bukan tidak mungkin akan dikembangkan di kota/kabupaten lain di Jawa Barat.

Pada pertemuan di Legian antara lain Pro Vice Rektor Hubungan Internasional Deakin University, John Molonny; Associate Pro Wakil Rektor Hubungan Internasional Universitas Deakin, Wei Shin; Wakil Rektor Pro (Global) Universitas Lancester, Simon Guy; Kepala Departemen Perdagangan Internasional, Oliver Richard; Kepala Strategi dan Kota Kedua, Farah Chaudoy; Kantor Victoria di Jakarta, Huda Albana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.