Tekno  

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Terus Tingkatkan Kerjasama Riset

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA – Fakultas Teknologi Mineral Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta kembali menggelar Seminar Internasional bertajuk International Conference: Earth Science, Mineral, and Energy 2022 (ICEMINE 2022) untuk tahun ke-5 2022 pada Kamis (10/11), secara daring. Konferensi ini dipandu oleh Ida Ayu Purnama, M.Sc sebagai MC dan Yohana Noradika Maharani, Ph.D. dan Aldin Ardian, Ph.D. sebagai moderator konferensi.

Konferensi diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Teknologi Mineral, Dr. Sutarto, kemudian dilanjutkan dibuka oleh Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Prof. Mohammad Irhas Effendi, International Conference: Earth Science, Mineral, and Energy 2022 (ICEMINE 2022) dengan tema “Pengelolaan Sumber Daya Bumi Sebagai Penggerak Utama Pencapaian Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi”.

Menurut Sutarto, konferensi ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama penelitian dan berbagi ilmu di bidang ilmu kebumian, mineral, energi dan dampak lingkungan khususnya pengelolaan sumber daya alam untuk mencapai pemulihan ekonomi pasca pandemi sebagaimana yang tertuang dalam tema konferensi tersebut. konferensi.

Dekan FT UPN Yogya
Dekan FT UPN Yogyakarta DR Ir Sutarto MT

Konferensi dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah pemaparan dari 5 keynote speaker yaitu: Dr. Ridwan Djamaluddin (Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM), Prof. Sari Happyarti Kusumayudha (Dosen UPN Veteran Yogyakarta), Prof. Sungsu Lee (Professor National Chungbuk University, Korea Selatan), Dr. Shuji Tamamura (Peneliti Senior di Horonobe Research Institute, Jepang), Prof. Samuel F. Rodrigues, Ph.D. (Profesor Asosiasi di Institut Federal de Educacao Cienciae Tecnologis do Maranhao, Brasil) dan Konstandina Chalastra, Ph.D. (Peneliti di Universitas McGill, Kanada). Para keynote speaker akan menyampaikan isu-isu terkini mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu kebumian, khususnya dalam hal manajemen pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Dalam konferensi ini juga dilakukan pemilihan tiga paper terbaik oleh panitia. Tiga makalah terbaik diberikan kepada makalah yang berjudul:

Analisis Fasies dan Parameter Petrofisika Formasi Gumai, Lapangan Meruap, Cekungan Sumatera Selatan oleh Firman Herdiansyah, Muhammad Burhannudinnur , Suryo Prakoso , Dyah Ayu Setyorini, Surya Darma Hafiz, Mohamad Salsabila , Muhammad Himawan Prakoso dari Departemen Teknik Geologi Fakultas Energi dan Teknologi Bumi, Universitas Trisakti Jakarta.

Makalah berisi penelitian yang dilakukan di Cekungan Sumatera Selatan bagian utara atau lebih tepatnya di Sub Cekungan Palembang Tengah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik batuan tertentu yang terbentuk dengan nilai sifat petrofisika (cabang ilmu geofisika yang mempelajari sifat fisik batuan reservoir).

Beberapa sifat fisik tersebut adalah porositas, permeabilitas, tingkat kejenuhan air, dan resistivitas batuan. Pada penelitian ini akan dilakukan integrasi antara hasil analisis satu dengan analisis lainnya. Parameter petrofisik GR clean dan GR shale, porositas, dan permeabilitas menunjukkan hubungan linier dengan karakteristik batuan.

Pemilihan Lokasi Pengisian Ulang Buatan Yang Optimal Di Sub DAS Cisankuy Di Jawa Barat Menggunakan Kombinasi Algoritma Drastis Dan Genetika Oleh Muhammad Razzaaq Al Ghiffari1 Dan Lilik Eko Widodo Dari FTTM ITB.

Makalah berisi penelitian yang dilakukan di Sub DAS Cisankuy yang merupakan bagian dari DAS Citarum dan memiliki panjang sungai ±300 km. Luasnya cukup sejalan dengan tingginya potensi sumber daya air.

Namun kondisi hidrologinya mengalami degradasi dari waktu ke waktu akibat perubahan tutupan lahan dari tahun ke tahun yang menyebabkan peningkatan debit sungai dan banjir pada musim hujan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lokasi resapan buatan yang optimal dalam upaya menjaga keseimbangan air di Sub DAS Cisankuy. Lokasi ini ditentukan dengan menggunakan kombinasi parameter dari kedalaman hingga muka air tanah, net recharge, media akuifer, tanah, topografi, zona tak jenuh air dan konduktivitas hidrolik (DRASTIC) dan algoritma genetika (GA). DRASTIC digunakan sebagai parameter input untuk GA.

Selanjutnya, GA digunakan sebagai mesin optimasi untuk menentukan lokasi pengisian buatan yang optimal. Kombinasi hasil DRASTIS dan GA menunjukkan bahwa lokasi yang optimal berada di Kecamatan Banjaran di bagian utara Sub DAS Cisankuy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.