Tekno  

Upaya RI-FIFA Perbaiki Sepak Bola Pasca Tragedi Kanjuruhan – DW – 08.10.2022

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan pemerintah siap bersinergi membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. Pemerintah bahkan telah menyiapkan lima langkah transformasi.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan persnya di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (07/10). Jokowi mengaku menerima surat dari FIFA.

Surat tersebut merupakan tindak lanjut percakapan telepon antara Jokowi dan Presiden FIFA, Gianni Infantino, Senin (03/10) lalu. Inti surat tersebut adalah kerjasama FIFA dengan pemerintah untuk membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia.

“FIFA bersama pemerintah akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan FIFA akan berkantor di Indonesia selama kerjasama berlangsung. “Dan FIFA akan memiliki kantor di Indonesia selama proses ini,” katanya.

Lebih lanjut, Jokowi memaparkan lima langkah yang diambil pemerintah, FIFA, dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dalam transformasi persepakbolaan Indonesia. Diantara mereka:

1. Menetapkan standar keamanan stadion di seluruh stadion di Indonesia;

2. Merumuskan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional;

3. Melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub sepak bola di Indonesia termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama;

4. Menetapkan jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi risiko yang ada; sebaik

5. Menyajikan bantuan dari para ahli di bidangnya.

Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA

Selain itu, Jokowi juga mengumumkan bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) tidak akan menjatuhkan sanksi kepada sepak bola Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan. Hal itu tertuang dalam surat FIFA yang diterima Jokowi.

Untuk diketahui, surat tersebut merupakan tindak lanjut komunikasi Jokowi dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, Senin (03/10) lalu. FIFA kemudian mengirimkan surat balasan kepada Jokowi, salah satunya adalah pemberitahuan bahwa tidak akan ada sanksi bagi sepak bola Indonesia.

“Berdasarkan surat itu, alhamdulillah sepak bola Indonesia belum ada sanksi dari FIFA,” kata Jokowi dalam keterangan pers melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (10/7).

Kesaksian Korban Tragedi Kanjuruhan

Untuk melihat video ini, harap aktifkan JavaScript, dan pertimbangkan untuk meningkatkan ke browser web yang mendukung video HTML5

Tragedi Stadion Kanjuruhan

Sebagai informasi, panggilan telepon Jokowi dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, terkait dengan tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu.

Berdasarkan informasi terakhir, korban Tragedi Kanjuruhan mencapai 678 orang. Data tersebut merupakan data per hari ini pukul 15.30 WIB.

“Jumlah korban seluruhnya 678 orang, terdiri dari 131 korban MD, 547 luka-luka,” kata Kabag Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Jumat (10/7).

Ia mengatakan, 547 korban luka itu terbagi dalam tiga kategori, yakni luka ringan, luka berat, dan luka sedang.

“Luka ringan 481, luka sedang 43, luka berat 23,” katanya.

Saat ini masih ada 60 orang yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Asian Games. (mj/tt)

Leave a Reply

Your email address will not be published.