Tekno  

Usai Magang di Unipart Logistics, Mahasiswa PNL Kunjungi 7 Perusahaan Top di Inggris

LHOKSEUMAWE (Waspada): Kepala Divisi Humas Politeknik Negeri (PNL) Lhokseumawe, Ir Muhammad Hatta, Senin (14/11) sore melalui sambungan telepon kepada Waspada mengatakan, Muhammad Fajar Al Fath mahasiswa PNL penerima beasiswa dari Program Vocational International Student Mobility Awards Program (IISMAVO) edisi Vocational, telah berhasil menyelesaikan magang di Unipart Logistics UK, selama empat bulan penuh.

Di Unipart Logistics, Muhammad Fajar Al Fath didampingi oleh Prof. Benny Tjahjono, Professor of Sustainability and Supply Chain Management, Center for Business in Society (CBiS). Menurut Muhammad Hatta, CBiS merupakan pusat penelitian unggulan dengan jaringan industri yang luas. Melalui pusat penelitian inilah Al Fath berkesempatan magang di Unipart Logistics UK.

“Muhammad Fajar Al Fath adalah putra Lhokseuamwe, Aceh. Ia juga merupakan mahasiswa Politeknik Negeri (PNL) Lhokseumawe. Ke Inggris, Al Fath dalam rangka mengikuti program magang yang ditawarkan Coventry University melalui IISMAVO Scheme A,” kata Muhammad Hatta.

Di Unipart Logistics UK, proyek magang Al Fath berfokus pada Pelatihan Virtual Reality (VR). Bung Hatta mengatakan, sapaan Kabag Humas PNL, Virtual Reality merupakan kelas pelatihan online interaktif dengan tujuan pembelajaran tertentu. Pelatihan VR mencakup peserta yang terhubung secara individual.

Pelatihan VR dilakukan dalam ruang virtual termasuk penyampaian informasi dan simulasi kerja. Kegiatan pelatihan dilengkapi dengan headset VR yang kompatibel berbasis 3D. “Pelatihan VR dapat menggantikan pelatihan karyawan tradisional. Prosesnya hemat waktu, menarik, dan imersif. Di daerah berisiko tinggi, teknologi ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja,” jelas Muhammad Hatta.

Selain itu, magang VR Training dilakukan oleh Unipart Logistics UK untuk mengatasi terhentinya kegiatan pembentukan sumber daya manusia (SDM) selama pandemi Covid-19. VR Training diyakini dapat meningkatkan efisiensi pelatihan dengan memberikan akses materi pelatihan kepada sejumlah besar calon pekerja secara bersamaan.

“Diharapkan teknologi ini dapat mengundang generasi muda yang terampil, sehingga dapat menjadi sumber daya manusia yang kompeten bagi Unipart Logistics UK. Sebagai informasi, Jaguar Land Rover memilih Unipart untuk mengelola suku cadangnya, maka Unipart bertanggung jawab sebagai pusat distribusi dan customer service untuk mendukung Jaguar Land Rover,” kata Muhammad Hatta seperti diceritakan Muhammad Fajar Al Fath kepadanya.

Hatta mengatakan, Steve Goode, manajer lini dari Al Fath dalam proyek magang, memberikan pernyataan, baik Unipart maupun Jaguar Land Rover menggunakan teknologi VR Training untuk melatih pekerjanya agar memiliki standar yang lebih tinggi di lingkungan yang aman dan imersif.

Disebutkan bahwa Fajar yang didampingi oleh penerima beasiswa IISMAVO dan timnya bertugas melakukan penelitian tentang persyaratan perangkat keras, keamanan, dan kesehatan dari perangkat VR. Selain itu, mereka harus menyiapkan gambar, dimensi, video, dan prosedur permainan. Kedepannya, tim akan berinteraksi langsung dengan perangkat VR dan gameplay dalam menguji hardware serta mengantisipasi dampak kesehatan dan keselamatan yang mungkin terjadi akibat penggunaan VR.

“Dalam hal ini, kami membantu Unipart Logistics sebagai Quality Assurance dalam mengembangkan gameplay VR Training. Hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas dan keamanan gameplay, sehingga lebih baik dari training konvensional,” kata Fajar menjelaskan hasil kerjanya. tim di Universitas Coventry.

Kepada Muhammad Hatta, Muhammad Fajar Al Fath mengaku banyak menemukan hal positif selama magang di Inggris. Beberapa hal positif tersebut adalah kedisiplinan, profesionalisme dan etos kerja karyawan Unipart. Semua tantangan ini berjalan dengan baik bersama tim.

“Menurut pengakuan Al Fath kepada saya, beliau dan tim mampu menghadapi segala tantangan dan mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja di Unipart. Beliau dan tim selama disana menjalani berbagai pertemuan dan mempresentasikan hasil penugasan kepada manager. Di Unipart, Al Fath bersama 41 penerima IISMAVO lainnya mendapat pengalaman berinteraksi dengan mahasiswa lokal Coventry untuk pengembangan jaringan,” tutur Hatta sesuai penuturan Al Fath.

Setelah mengikuti kegiatan magang, Coventry memberikan kegiatan lain di luar kampus untuk program studi vokasi dari perguruan tinggi di Indonesia. Dalam kegiatan di luar kampus tersebut, Muhammad Fajar Al Fath berkesempatan mengunjungi 7 perusahaan papan atas di Inggris, yaitu Morgan Cars, Mini, Jaguar Land Rover, Brompton, JCB, Triumph dan klub sepak bola Manchester City.

“Di situ kita bisa melihat dari dekat, bagaimana perusahaan bersaing secara komersial. Ini adalah pengalaman yang tak terlupakan. Kami semua berterima kasih kepada IISMAVO dan Coventry University yang telah memberikan kesempatan dan pengalaman yang luar biasa,” ujar Muhammad Fajar Al Fath saat berbagi cerita dengan Kepala Humas PNL, Bung Hatta.(b07)

Foto: Muhammad Fajar Al Fath. Waspada/Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published.