Tekno  

XL Axiata dan Polri Kolaborasi Terapkan Teknologi Body Worn Camera untuk Keamanan di KTT G20 di Bali

SULSELSATU.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berkolaborasi mendukung pengamanan KTT G20 Bali yang lalu dengan menggunakan Body Worn Camera.

Kolaborasi yang dilakukan XL Axiata adalah dengan menyediakan jaringan 4G yang sangat baik dan simcard yang digunakan pada perangkat Body Worn Camera. Kerjasama ini merupakan salah satu komitmen XL Axiata untuk mendukung pemerintah dalam mensukseskan event internasional G20 Summit 2022.

Body Worn Camera yang digunakan oleh Polri dan tim pengamanan KTT G20 adalah kamera yang dipasangkan pada jaket atau rompi. Body Worn Camera digunakan oleh tim keamanan antara 1-18 November 2022.

Baca Juga: XL Axiata Sediakan Akses Telepon Gratis Bagi Pelanggan di Lokasi Gempa Cianjur, Jawa Barat

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto mengatakan XL Axiata berkomitmen untuk terus mendukung program atau event pemerintah dalam pemanfaatan teknologi dan digitalisasi di Indonesia.

“Merupakan suatu kehormatan bagi XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) untuk dapat berpartisipasi dalam mendukung keamanan KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu dengan menyediakan konektivitas IoT yang cepat dan stabil pada perangkat kamera yang dikenakan di badan dan dasbor pemantauan ke memudahkan Polri untuk memantau dan memastikan semua perangkat bekerja dengan baik,” katanya.

Kolaborasi tersebut, kata dia, menjadi bukti XL Axiata mampu menghadirkan berbagai solusi digital sehingga dapat mewujudkan cita-cita XL Axiata menjadi penyedia solusi ICT terintegrasi pilihan.

Baca Juga: Polri Terapkan Teknologi Canggih Pantau Kelancaran Tamu VVIP di KTT G20 Bali

Body Worn Camera ini merupakan kamera pengintai yang memiliki sejumlah fitur selain untuk aktivitas merekam. Kamera ini memiliki memori 32 GB yang mampu merekam non stop selama 20 jam, kapasitas baterai hingga 8 jam non stop, Global Positioning System (GPS), dapat digunakan untuk live streaming dan terhubung dengan petugas command center menggunakan XL Koneksi jaringan 4G Axiata.

Kamera dilengkapi dengan fitur infra merah, berguna untuk merekam kondisi medan pada malam hari. Terdapat pula fitur tombol darurat (panic button) yang dapat digunakan petugas dalam situasi darurat. Saat tombol ditekan, alarm akan berbunyi di pusat komando dan kamera secara otomatis mengirimkan koordinat petugas yang menekan tombol panik.

Dengan suksesnya kerjasama dalam mengamankan KTT G20 Bali, XL Axiata dan Polri akan memperluas jangkauan penggunaan teknologi body-weared camera ini. Kedua belah pihak berencana menerapkan teknologi ini di Jakarta dan Surabaya, dengan total sekitar 1.300 unit perangkat.

Baca Juga: Polri Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Delegasi KTT G20 di Bali

XL Axiata mencatatkan peningkatan trafik penggunaan data selama G20 Bali Summit, 11-17 November 2022. Data Customer Experience & Service Operation Center yang berlokasi di XL Axiata Tower menunjukkan peningkatan trafik layanan data hingga 20 persen lebih tinggi dari hari biasa di lokasi acara G20.

Lonjakan terutama terjadi di kawasan Nusa Dua, Jimbaran, Sanur dan Kuta, termasuk Bandara Internasional Ngurah Rai, dan khusus di ITDC dan Apurva peningkatan trafik melebihi 80 persen.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published.